Beranda » Berita Jepang » Persiapan Sudah Matang, Tetapi Comiket 98 Terancam Dibatalkan?

Persiapan Sudah Matang, Tetapi Comiket 98 Terancam Dibatalkan?

Merebaknya kasus wabah Virus Corona membuat panitia Comiket memonitor situasi akankah event ini tetap digelar pada Mei ini atau batal.

Menyusul wabah virus corona, sejumlah event pop kultur memutuskan untuk membatalkan atau menunda acaranya, tidak terkecuali Comiket, atau Comic Market. Bagaimana perkembangan situasi terkini dari Tokyo, Jepang, sebagai lokasi utama Comic Market 98 atau disingkat C98?

Partisipan Comiket Sudah Diberitahu Dulu Sebagai Antisipasi Virus Corona

Prospect on Comic Market 98 (as of March 15, 2020)We have sent out notifications to participating circles (amateur…

Posted by ComicMarket コミックマーケット on Monday, 16 March 2020

Dari postingan yang telah diunggah melalui beberapa sosial media, panitia pelaksana telah mengirimkan notifikasi kepada partisipan pasar komik tersebut. Comiket yang ke-98 kalinya untuk tahun ini akan diadakan di Tokyo Big Sight pada Mei 2-5 tahun ini.

Merebaknya virus corona di seantero kota di seluruh wilayah Jepang menjadi concern utama panitia tentang kondisi terkininya. Pemerintah kota Tokyo telah mengimbau masyarakat agar tidak mengadakan acara berskala besar yang diadakan antara 26 Februari hingga 10 Maret.

Mengenai hal tersebut, pihak panitia menganggap Comiket 98 ini kemungkinan besar akan dibatalkan sepihak, ditunda, atau diadakan dalam platform lain.

Keadaan wabah tersebut, dinilai oleh panitia, sangat tidak stabil dan akan menjadi lebih parah dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Mereka mengatakan akan memberitahukan lebih lanjut terhadap status kesiapan Comiket apakah tetap digelar atau dibatalkan melalui platform media sosial mereka.

Fasilitas dan Sarana Ekspresi Diri

Berdasarkan pernyataan resmi tersebut, Comiket mendefinisikan sendiri sebagai “ruang terbuka” yang memfasilitasi masyarakat mengekspresikan diri mereka. Acara yang menggabungkan pasar komik dengan cosplay tersebut bertujuan untuk menjadi saluran para artis independen, atau disebut doujinka, dalam menjual karya-karyanya secara kontinu.

Mereka berharap agar para fans dan pengunjung tetap mendukung event pop kultur terbesar di Jepang tersebut, dan bertekad akan berusaha mengadakan Comiket 98 dengan lancar.

Comiket, Comic Market Terbesar di Jepang, Bahkan di Dunia

Comiket, atau Comic Market, adalah acara pop kultur dan pasar komik terbesar di Jepang yang sudah berjalan selama 44 tahun. Event ini melibatkan ribuan partisipan artis independen yang menggelar lapak mereka untuk menjual hasil karya mereka ke publik selama beberapa hari.

Selain pasar komik, beberapa cosplayer berbondong-bondong untuk mengekspresikan dirinya memerankan beberapa tokoh favoritnya atau meme yang populer di kalangan penggemar popkultur.

Tahun lalu, acara pasar yang ke-96 dan 97 telah digelar di musim panas dan dingin di Jepang. Berbeda dengan event sebelumnya, event ini 96 menerapkan sistem ticketing yang dijual terpisah per harinya.

Setiap pengunjung yang ingin datang  harus membeli tiket berbentuk gelang seharga 500 yen untuk satu hari. Warna tiket pun akan berbeda nantinya pada hari-hari eventnya berlangsung.

Para pengunjung pun dapat mengetahui lokasi lapak artis independen favoritnya melalui katalog digital yang telah disiapkan komite panitia Comiket, di situs ini, namun perlu registrasi dengan email pengunjung terlebih dahulu. Katalog digital ini dapat diakses pula untuk para penggemar doujin dari luar Jepang.

Loading...