Beranda » Game & Tekno » Pemerintah Cina Melakukan Sensor “Virus Corona” Di Aplikasi WeChat

Pemerintah Cina Melakukan Sensor “Virus Corona” Di Aplikasi WeChat

Tanpa diketahui orang banyak, ternyata pemerintah Cina telah melakukan sensor terkait konten yang berhubungan dengan Virus Corona di aplikasi WeChat.

Kondisi wabah virus Covid-19 atau Coronavirus atau lebih dikenal dengan Virus Corona memang meresahkan banyak orang. Terlebih pada negara yang menjadi korban pertama dari virus Corona, yaitu Cina.

Tanpa kita sadari, selama ini pemerintah Cina telah melakukan tindakan cepat terhadap virus Corona. Salah satunya yaitu dengan melakukan sensor terkait konten yang berhubungan dengan virus tersebut. Loh, kenapa virus Corona harus di sensor sama pemerintah Cina? Daripada bingung, yuk kita cari tahu bersama!

Konten Virus Corona Disensor Pemerintah Cina

Aplikasi pesan paling populer di Cina, yaitu WeChat, selama ini telah di sensor oleh pemerintah Cina terkait dengan konten atau keywords Virus Corona. Ternyata, sensor ini telah dilakukan sudah lama sekali, yaitu saat awal kekacauan wabah virus Corona pada 1 Januari 2020.

Hal ini diketahui oleh sebuah kelompok penelitian yang berada di Toronto. Mereka mengatakan bahwa aplikasi WeChat telah memblokir kombinasi keywords virus Corona dan kritikan terhadap Presiden Xi Jinping. Bukan itu saja, berdasarkan laporan yang mereka temukan, ada lebih banyak lagi kata-kata yang di blokir saat kekacauan wabah virus ini berkembang.

Ada Banyak Keywords Di Sensor Terkait Virus Corona

Berdasarkan hasil laporan dari kelompok penelitian di Universitas Toronto, mereka menemukan dua aplikasi sosial media yang melakukan sensor, yaitu WeChat dan situs Live-Streaming YY.

Kedua aplikasi ini melakukan banyak sensor pada keywords yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan virus Corona. Contoh keywords yang mereka temukan telah disensor adalah “Unknown Wuhan Pneumonia (Penyakit Tidak Diketahui Di Wuhan)” dan “SARS outbreak in Wuhan (Kekacauan SARS di Wuhan)”.

Selain itu, kombinasi keywords yang disensor termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pemimpin negara Cina, yaitu Presiden Xi Jinping. Ada banyak sekali kombinasi keywords yang mereka temukan dan tidak bisa dijelaskan satu per satu.

Game Penyebar Virus Plague Inc Di Banned

Plague Inc. Virus Corona

Selain melakukan sensor konten dan keywords virus Corona di WeChat dan YY, pemerintah Cina juga melakukan banned terhadap sebuah game simulasi menyebarkan virus, yaitu Plague Inc. Diumumkan melalui situs resmi Ndemic Creations terkait dengan game mereka yang berjudul Plague Inc. Telah diumumkan bahwa game ini kena banned oleh pemerintah Cina.

Para developer game Plague.Inc pun bingung dengan keputusan mendadak game mereka di banned oleh pemerintah Cina. Satu hal yang pasti mereka menyadari bahwa ini ada kaitannya dengan wabah virus Corona.

Loading...