Beranda » Game & Tekno » Libur Karena Virus Corona? Inilah 5 Aplikasi Kelas Belajar Secara Online!

Libur Karena Virus Corona? Inilah 5 Aplikasi Kelas Belajar Secara Online!

Libur karena Virus Corona atau keadaan memaksa lainnya membuat kegiatan belajar mengajar terganggu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat kelas online.

Pandemi Virus Corona atau yang dikenal dengan COVID-19 membuat sejumlah kegiatan terpaksa diliburkan, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun bagi para guru, dosen, siswa dan mahasiswa, sejumlah aplikasi alternatif untuk belajar mengajar ini dapat digunakan untuk membuat kelas online.

Metode e-Learning Sekolah dan Kampus

Aplikasi Kelas Belajar Online Virus Corona

Bagi sejumlah sekolah maupun kampus, layanan e-learning sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya e-learning berbasis web maupun mobile, sejumlah proses yang bisa jadi terganggu dapat terantisipasi dengan baik.

Tentunya untuk mempunyai fasilitas e-learning ini dibutuhkan usaha dan biaya yang tidak sedikit. Baik sekolah maupun kampus harus menyiapkan dana dan pekerjanya sendiri dalam membuat, mengoperasikan, mengawasi dan memperbaiki perangkat e-learning.

Kelas Maya Rumah Belajar, Saatnya Buka Kelas Online

Jika tidak mungkin membangun sistem e-learning sendiri, sejumlah fasilitas kelas virtual yang disediakan pihak ketiga dapat dijadikan opsi. Salah satunya adalah layanan Kelas Maya dari aplikasi Rumah Belajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud).

Kelas Maya menawarkan hal yang hampir sama dengan sistem e-learning internal. Guru dapat mengunggah materi hingga soal tes, sementara siswa dapat membaca materi dan mengikuti tes melalui situs Rumah Belajar. Tentunya sekolah bisa lebih menghemat biaya karena servernya dikelola oleh Kemdikbud.

Grup WhatsApp dan Telegram

Aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram sering digunakan untuk perbincangan dalam grup. Kenapa tidak memanfaatkan grup tersebut untuk membantu siswa belajar?

Melalui grup WhatsApp maupun Telegram, guru dan siswa dapat bertukar materi dan juga berdiskusi langsung di grup. Untuk diskusinya dapat dilakukan dengan berbagi teks, gambar hingga pesan suara.

Belajar Online di Grup Facebook

Aplikasi Kelas Belajar Online Virus Corona

Hampir sama dengan Grup WhatsApp dan Telegram, Grup Facebook juga dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Layanan yang sudah lebih dulu ada dibandingkan dua layanan di atas ini bisa digunakan oleh pihak sekolah maupun universitas untuk memudahkan kegiatan pembelajaran secara online.

Tidak hanya dapat berbagi materi, baik guru/dosen dan siswa/mahasiswa dapat berdiskusi untuk setiap pembahasan yang diunggah. Pembahasan dapat dibuat lebih terarah dengan adanya fitur balas komentar.

Guru dan dosen juga dapat mengecek keaktifan siswa/mahasiswanya saat kegiatan berlangsung. Caranya dengan melihat status aktif di fitur chat yang tersedia.

Kelas Belajar Online dengan Discord

Aplikasi Kelas Belajar Online Virus Corona

Bagi siswa dan mahasiswa yang hobi mabar, tentu tidak asing dengan aplikasi chat Discord. Aplikasi yang dapat digunakan di PC dan smartphone ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online.

Baik guru dan dosen serta siswa dan mahasiswa dapat bertukar materi berupa teks maupun unggahan dokumen. Khusus guru dan dosen, pemisahan ruang untuk materi dan diskusi bebas dapat dilakukan dengan membagi channel-nya.

Fitur unggulan Discord yang tidak dimiliki keempat layanan di atas adalah voice chat. Guru bisa mengecek keaktifan siswa dan membuka sesi tanya jawab melalui diskusi di voice chat.

Bagi guru dan dosen, tentu akan sedikit beradaptasi untuk menggunakan Discord. Namun sebenarnya adaptasinya tidaklah sulit, dan ketika mampu menggunakannya tentu akan ada banyak keunggulan yang didapat.

Demikianlah 5 aplikasi rekomendasi Nawala Karsa untuk membantu para guru dan dosen untuk tetap menyelenggarakan kelas belajar online saat wabah virus Corona. Sudah sepatutnya kita memanfaatkan teknologi untuk berbagai hal yang bermanfaat, termasuk untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar.

Loading...