Beranda » Yah, Crash Beneran! Akun YouTube YtCrash Hapus Seluruh Video

Yah, Crash Beneran! Akun YouTube YtCrash Hapus Seluruh Video

YTCRASH HAPUS VIDEO YOUTUBE – Kabar mengejutkan datang di awal Februari ini. Tak ada angin tak ada hujan, akun YouTube YtCrash menghapus seluruh video di akunnya.

Tidak ada video YouTube di akun YtCrash, diduga sudah dihapus sebagianKami mengecek langsung akun tersebut, dan benar saja, seluruh video di akun YtCrash tidak lagi muncul dalam daftar. Namun video Draw Our Channel di akun tersebut masih terlihat di beranda akun tersebut, menandakan video tersebut hanya disembunyikan dari daftar.

Tidak hanya koleksi video, jumlah subscriber akun ini pun telah disembunyikan. Kami mengecek perkembangan jumlah subscriber menggunakan aplikasi Channelytics dari TubeBuddy, namun tidak tercatat penambahan subscriber sejak 30 Januari lalu.

Akun YouTube YtCrash sudah tidak mendapat subscriber baru sejak akhir Januari

Diduga, akun YtCrash mulai menyembunyikan jumlah subscriber sejak tanggal tersebut, yang menyebabkan penambahan jumlah subscriber tidak lagi terlacak.

Akun YtCrash Lainnya Masih Mengunggah Video

Beberapa akun YouTube YtCrash masih mengunggah video

Walaupun akun YtCrash sudah tidak memunculkan video baru, nyatanya hal itu belum terjadi pada akun lainnya yang dimiliki YtCrash. YtCrash memiliki beberapa akun dalam kelompok YtCrash Network, yang sebagiannya masih mengunggah video hingga hari ini.

Dalam pantauan kami, akun YtCrash News menjadi akun yang paling anyar mengunggah video, yaitu sekitar pukul 11.00 WIB hari ini. Menyusul YtCrash Facts yang mengunggah video kemarin dan YtCrash Islam pada 2 hari yang lalu.

Menyusul Calon Sarjana?

Masih segar di ingatan kita bahwa kasus serupa telah dialami akun YouTube Calon Sarjana. Setelah mengalami kasus pelanggaran hak cipta dengan YouTuber luar negeri JT, akun ini perlahan menghapus beberapa videonya.

Selang beberapa waktu, pada Januari 2020, Calon Sarjana menghapus akun utamanya yang telah meraih 12,4 juta subscriber. Namun belakangan, ia menggunakan akun Calon Ilmuwan sebagai pengganti akun lamanya, dan mengganti namanya menjadi Calon Sarjana.

Kesamaan YtCrash dan Calon Sarjana

Baik YtCrash dan Calon Sarjana sebenarnya memiliki banyak kesamaan. Kedua akun ini sama-sama besar di YouTube, sama-sama menggunakan sejumlah video kompilasi untuk membesarkan akunnya.

Kedua akun ini menjadi besar dan mampu meraih pemasukan yang fantastis dengan memanfaatkan celah fair use yang sebenarnya tidak diperbolehkan untuk tujuan komersial. Dalam aturan fair use, pencuplikan video hanya diperkenankan untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Itupun harus menyertakan sumber video yang digunakan.

Kedua akun ini pun memiliki grup akun yang jumlahnya cukup fantastis. YtCrash memiliki 15 akun lain yang tergabung dalam kelompok YtCrash Network. Kelimabelas akun tersebut terdiri dari YtCrash News, YtCrash Islam, YtCrash Plus, YtCrash Facts, YtCrash Tricks, YtCrash Comedy, YtCrash Feeds, YtCrash Hack, YtCrash Funny, YtCrash Music, YtCrash Life, YtCrash Foods, YtCrash Gaming, YtCrash Films dan YtCrash Kids.

Apakah kejadian hapus video yang dilakukan akun YouTube YtCrash akan berlanjut seperti kasus Calon Sarjana? Patut ditunggu kelanjutannya.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...