Beranda » Waduh! Distribusi Nintendo Switch Terkena Imbas Karena Virus Corona!

Waduh! Distribusi Nintendo Switch Terkena Imbas Karena Virus Corona!

Merebaknya Virus Corona jenis baru (2019-nCOV/ novel Coronavirus) asal Wuhan, China berdampak pada produksi dan distribusi produk unggulan Nintendo, Nintendo Switch.

Virus Corona Mengganggu Distribusi Nintendo Switch

Nampaknya virus Corona yang sedang mewabah ini mempengaruhi distribusi Nintendo Switch. Situs web resmi Nintendo telah mengumumkan pernyataan terkait pengaruh virus Corona ini terhadap mereka.

Nintendo melaporkan bahwa produksi dan pengiriman untuk konsol Nintendo Switch beserta komponen lainnya, seperti Joy Con dan aksesoris akan mengalami penundaan. Tidak hanya itu, set gim Ring Fit Adventure di Jepang pada saat ini juga sedang mengalami kekurangan stok.

Nintendo belum mengumumkan apakah gangguan tersebut juga berdampak kepada wilayah (region) selain Jepang. Di sisi lain, Nintendo juga memutuskan tanggal pembukaan pre-order konsol Nintendo Switch edisi khusus Animal Crossing untuk pasar Jepang terpaksa diundur sampai tanggal yang belum ditentukan.

Menggangu Rencana Pengiriman Produk

Terkait dengan kekhawatiran merebaknya Virus Corona, Presiden Direktur Nintendo Shuntaro Furukawa telah memberikan komentarnya lewat sebuah wawancara dari Kyoto Shimbun.

Furukawa menyatakan kondisi darurat tersebut berdampak banyak atau sedikit masalah akan muncul. Ia menambahkan perpanjangan dari dampak merebaknya virus tersebut menyebabkan gangguan dalam distribusi produk, khususnya pasar domestik Jepang.

Kebanyakan konsol Nintendo Switch diproduksi di China, namun sebagian di antaranya sudah dipindahkan pusat produksinya ke Vietnam sejak pertengahan 2019. Mengingat kebanyakan produk konsol Nintendo Switch untuk pasar Jepang diproduksi di China, sehingga mengalami dampak berat dari masalah ini.

Virus Corona Di Jepang

Menurut Kyodonews, virus Corona dikonfirmasi sudah memasuki wilayah Jepang sejak 28 Januari 2020. Dilansir dari The Japan Times, hingga 06 Februari 2020 jumlah penderita Virus Corona di Jepang sudah mencapai 45 orang.

Jumlah tersebut melonjak setelah sebuah kapal pesiar yang sedang berlabuh di Yokohama ditemukan 10 penumpang positif terkena virus Corona.

Merebaknya Virus Corona juga berdampak pada sektor pariwisata, ekonomi, dan sosial setempat, sehingga Pemerintah Jepang telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi masalah tersebut. Evakuasi WN Jepang yang tinggal di Wuhan sudah dilakukan.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...