Beranda » Penyiaran » MNC Vision Network Tayangkan Liga 1 2020

MNC Vision Network Tayangkan Liga 1 2020

MNC Vision Network telah menjalin kesepakatan dengan Grup Emtek untuk meraih hak siar Liga 1 2020 di TV berbayar

Usaha Media Nusantara Citra (MNC, IDX: MNCN) untuk menguasai industri penyiaran semakin gencar saja. Terbaru, MNC melalui TV berbayarnya mengakuisisi hak siar Liga 1 2020.

Liga 1 di MNC Vision

MNC melalui anak usahanya MNC Vision Network (IDX: IPTV) telah menjalin kesepakatan dengan Surya Citra Media (IDX: SCMA) untuk menyiarkan Liga 1 musim 2020. Dengan ini siaran Liga 1 dapat disaksikan di seluruh platform TV berbayar milik IPTV seperti MNC Vision, MNC Play, K Vision dan aplikasi Vision+.

Salah satu sumber menyebut, siaran Liga 1 2020 akan ditayangkan MNC Vision Network di saluran MNC Sports 2. Tidak hanya Liga 1, paket kesepakatan hak siar tersebut juga mencakup Liga 2 dan Liga 1 U-20 musim 2020.

Bagaimana dengan hak siar di jalur lainnya? Pertandingan Liga 1 masih ditayangkan di Indosiar dan O Channel di jalur terestrial serta aplikasi Vidio di jalur streaming. Sementara untuk Liga 2, walaupun belum ada pemberitahuan lebih lanjut, sepertinya masih akan ditayangkan tvOne.

Kerjasama SCM dan MNC

Keberhasilan MNC Vision Network menggenggam hak siar Liga 1 tidak lepas dari kesepakatan kerja sama produksi yang dilakukan oleh induk usahanya, MNC dan induk usaha SCTV, SCM. Kerja sama yang disepakati pada Desember 2019 lalu itu menitikberatkan pada kolaborasi dalam produksi konten.

David Fernando Audy, Direktur Utama MNC mengatakan, MoU antara SCM dan MNC ini terdiri dari beberapa poin yang tujuannya untuk meningkatkan produksi konten lokal yang secara pembiayaan tidaklah murah.

“Contoh seperti content production. Kita tahu bahwa produksi konten ini cost-nya tidak murah. Jadi kita melihat bahwa ada hal-hal di mana MNCN dan SCMA bisa kerjasama untuk membuat konten sama-sama, atau co-production istilahnya,” terangnya, dikutip dari Liputan6.com.

Ditayangkan MNC Vision, Semahal Apa Harga Hak Siar Liga 1?

Sejak diungkit oleh Helmy Yahya, mantan Direktur Utama TVRI, harga hak siar Liga 1 menjadi perbincangan hangat. Diklaim lebih mahal dari Premier League, berapa sebenarnya harga hak siarnya?

Dikutip dari BolaSport, Komisaris PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Hasani Abdul Gani menyebut harga hak siarnya sebenarnya lebih murah dibandingkan Premier League.

“TVRI membelinya lewat Mola TV yang harga Liga Inggris itu senilai 40 juta dollar,” kata Hasani Abdul Gani.

“Kalau nilai kompetisi sepak bola Indonesia itu kisaran 12 sampai 13 juta dollar (setara Rp117 miliar –red),” ungkap dia.

Harga Hak Siar Liga 1 Naik Tahun Ini

Namun harga hak siar ini dipastikan naik untuk tahun 2020 ini. Direktur LIB, Cucu Somantri, mengakui adanya peningkatan harga hak siar Liga 1 2020. Namun, Cucu enggan membocorkan nilai kerja sama dengan pihak televisi.

“Ada peningkatan untuk nilai hak siarnya. Kalau tidak, saya pasti tidak mau duduk di sini. Namun, harganya itu tidak boleh dipublikasikan,” kata Cucu Somantri, dikutip dari Bola.com.

Dengan biaya yang besar, nampaknya program sepak bola seperti Liga 1 memang menjadi salah satu pokok kesepakatan kerja sama konten antara MNC dan SCM. Patut ditunggu seperti apa kerja sama berikutnya dari kedua perusahaan media ini.

Loading...