Beranda » Penyiaran » Pembagian Hak Siar Shopee Liga 1 2020 Antara MNC Dan Emtek

Pembagian Hak Siar Shopee Liga 1 2020 Antara MNC Dan Emtek

Pembagian hak siar Shopee Liga 1 2020 antara pihak MNC dan Emtek membuat bingung banyak orang.

Belum juga mulai mengudara, hak siar Shopee Liga 1 2020 justru menjadi persoalan. Kebingungan yang terjadi di masyarakat lantaran adanya dua konglomerasi media besar yang memegang hak siar, yaitu Media Nusantara Citra (MNC) dan Elang Media Teknologi (Emtek) untuk mendapatkan hak siar Shopee Liga 1 2020.

Nah, untuk menghindari kebingungan lebih lanjut, Nawala Karsa akan membuat rangkuman mengenai penyiar Shopee Liga 1 2020 di berbagai platform. Semoga tidak tertukar, ya.

Nonton Shopee Liga 1 2020 Di Indosiar dan O Channel

INdosiar dan O Channel siarkan Shopee Liga 1 2020

Di jalur terestrial, Indosiar dan O Channel masih dipercaya menyiarkan Liga 1 2020 di jalur darat. Indosiar menayangkan total 188 pertandingan, dengan perkiraan hingga 6 pertandingan sepekan. Sementara O Channel dipercaya menyiarkan 1 pertandingan per pekan.

Karena hak siar yang dipegang Indosiar dan O Channel terbatas di jalur terestrial, maka siaran langsung Shopee Liga 1 2020 di kedua saluran tersebut akan diacak di platform lain, baik satelit maupun streaming.

Langganan MNC Vision Untuk Shopee Liga 1 2020

Hak Siar Liga 1 2020

Untuk TV berbayar, terjadi pergeseran penyiar. Setelah 2 musim dikuasai oleh Matrix TV dan Nex Parabola, kali ini giliran MNC Vision Network yang mengempit hak siar Shopee Liga 1 2020. Jadi, bagi pengguna MNC Vision dan K-Vision, bergembiralah.

MNC Vision Network akan menyiarkan 306 pertandingan Shopee Liga 1 2020 secara langsung di saluran MNC Sports dan MNC Sports 2. Bagi pengguna MNC Vision cukup menambah paket Soccer dalam paket langganan mereka, sementara bagi pengguna K-Vision tinggal membeli paket Gibol Liga 1 dengan harga mulai Rp39 ribu per bulan.

Streaming di Vidio Juga Bisa

Di jalur streaming, aplikasi lokal Vidio.com masih menjadi penyiar resmi Shopee Liga 1 2020. Keleluasaan layanan streaming membuat aplikasi streaming milik Emtek itu dapat menyiarkan 306 pertandingan Liga 1 2020 secara langsung.

Untuk menyaksikan seluruh pertandingan Shopee Liga 1 2020 di aplikasi Vidio.com, pengguna cukup berlangganan paket Vidio Premier dengan harga hingga Rp 50 ribu per bulan. Namun tenang saja, beberapa pertandingan akan ditayangkan secara gratis di aplikasi ini.

Bisa Nonton Shopee Liga 1 2020 di MNC Play

mnc vision liga 1

Di jalur Internet Protocol TV (IPTV), saat ini tercatat baru dipegang oleh MNC Play, layanan TV berbayar milik MNC Vision Network. MNC Play akan menyiarkan 306 pertandingan Shopee Liga 1 2020.

Selain itu, aplikasi streaming turunannya, Vision+, juga dipastikkan akan menyiarkan Shopee Liga 1 2020. Belum dipastikan jumlah pertandingan yang akan ditayangkan, namun kemungkinan besar akan menyiarkan seluruh eprtandingan dari saluran MNC Sports dan MNC Sports 2.

Penyiar Masih Bisa Bertambah

Walaupun demikian, pemegang hak siar Shopee Liga 1 2020 berkemungkinan akan bertambah. Namun kemungkinan ini terbatas pada layanan streaming dan IPTV.

Hal ini dikonfirmasi oleh Endri Erawan, Komisaris PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara Shopee Liga 1 2020. Dikutip dari CNN Indonesia, Endri menyebut LIB saat ini berencana untuk menambah satu layanan streaming lainnya di luar kedua brand yang sudah mengikat komitmen untuk turut menyiarkan Liga 1 2020.

“Bahkan kami juga mau ada deal dengan Indihome untuk bisa menayangkan Liga 1 2020 melalui Usee TV. Sebab arahan Ketua Umum PSSI, supaya LIB bisa sebanyak-banyaknya menjual hak siar ini karena kita butuh banyak biaya, salah satunya buat bayar wasit dan lain-lain. Kami lihat dari broadcasting ini mana yang bisa dijual ke sponsor,” ujar Endri.

Mengapa Heboh Hak Siar Shopee Liga 1 2020?

Isu hak siar Shopee Liga 1 2020 menjadi heboh ketika Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri sempat salah menyebutkan tentang hak siar Liga 1 yang didapat Emtek sebagai DTH (Direct to home).

“Emtek itu penyiarannya lewat Direct to Home. Pertandingan bisa dinikmati oleh pemirsa melalui antena biasa secara gratis,” kata Cucu Somantri saat meluncurkan kerja sama PT LIB dengan MNC Vision Network, Senin (17/2).

Belakangan, hal ini dikoreksi oleh Harsiwi Achmad, Direktur Programming Surya Citra Media. Ia menyebut Emtek mendapatkan hak siar secara FTA dan OTT yang artinya gratis, bukan DTH alias berlangganan dan berbayar.

“Untuk DTH, kami tidak mendapatkan hak siar. Sekarang, kami tidak memakai itu,” ujarnya dikutip dari BolaSport.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...