Beranda » Netmarble » Khawatir Coronavirus, Kojima Productions Batal Datang ke GDC

Khawatir Coronavirus, Kojima Productions Batal Datang ke GDC

Meningkatnya kekhawatiran yang muncul akibat merebaknya Coronavirus, Kojima Productions menyebut bahwa mereka akan absen dari acara GDC 2020

Acara Game Developers Conference 2020 di San Fransisco, Amerika Serikat rencananya akan dihadiri oleh berbagai pengembang gim dari seluruh negara. Namun nampaknya, akibat coronavirus yang merebak diberbagai negara, sejumlah pengembang termasuk Kojima Productions mengumumkan absennya perusahan gim itu dari pagelaran tersebut.

Kojima Productions Umumkan Batal Hadir

hideo kojima death stranding kojima productions
Death Stranding, gim pertama karya Kojima Productions pasca-keluarnya Hideo Kojima dari Konami

Mengutip dari Gematsu, perusahaan gim yang dibuat oleh Hideo Kojima tersebut mengeluarkan pernyataan sebagai berikut:

“Kojima Pro. has made the difficult decision to cancel our participation at the 2020 Game Developers Conference due to increasing concerns related to novel coronavirus. Although much-anticipated, unfortunately this cancellation also includes Hideo Kojima’s session on the 19th and Eric Johnson’s session on the 16th.”

“Kojima Productions telah membuat keputusan yang berat untuk membatalkan partisipasi kami dalam Game Developers Conference 2020 lantaran meningkatnya kekhawatiran terkait novel-coronavirus. Kendati acara ini sangat diantisipasi, sayangnya pembatalan tersebut juga termasuk membatalkan sesi diskusi dengan Eric Johnson pada tanggal 16, dan Hideo Kojima pada tanggal 19.”

Sony Turut Batal Datang Akibat Coronavirus

Tak hanya perusahaan gim Death Stranding karya Hideo Kojima saja yang menarik diri lantaran Virus Corona. Perusahaan Sony Interactive Entertainment turut membatalkan kehadirannya pada acara tersebut.

Ini merupakan pembatalan kedua yang telah dilakukan oleh Sony, mengutip dari Gematsu, akibat virus Corona tersebut. SIE (Sony Interactive Entertainment) sendiri juga menarik diri dari PAX East 2020.

“Kami rasa ini adalah pilihan terbaik disaat situasi terkait virus Corona serta pembatasan perjalanan secara global berubah secara harian,” sebut Sony Interactive Entertainment dalam pernyataannya pada situs Gamesindustry via Gematsu, “Kami sangat kecewa dengan batalnya partisipasi kami, namun, kesehatan serta keselamatan pekerja kami secara global adalah perhatian kami. Kami berharap agar dapat berpartisipasi dalam gelaran GDC di masa depan.”

Virus Corona Ganggu Produksi Nintendo Switch

Coronavirus animal crossing nintendo switch

Selain berdampak pada perusahaan milik Hideo Kojima, virus Corona yang sedang mewabah ini turut mempengaruhi distribusi Nintendo Switch. Situs web resmi Nintendo telah mengumumkan pernyataan terkait pengaruh virus Corona ini terhadap mereka.

Nintendo melaporkan bahwa produksi dan pengiriman untuk konsol Nintendo Switch beserta komponen lainnya, seperti Joy Con dan aksesoris akan mengalami penundaan. Tidak hanya itu, set gim Ring Fit Adventure di Jepang pada saat ini juga sedang mengalami kekurangan stok.

Nintendo belum mengumumkan apakah gangguan tersebut juga berdampak kepada wilayah (region) selain Jepang. Di sisi lain, Nintendo juga memutuskan tanggal pembukaan pre-order konsol Nintendo Switch edisi khusus Animal Crossing untuk pasar Jepang terpaksa diundur sampai tanggal yang belum ditentukan.

Loading...