Beranda » Game & Tekno » Mantap Betul! Greninja Terpilih Menjadi Pokémon of the Year 2020

Mantap Betul! Greninja Terpilih Menjadi Pokémon of the Year 2020

Selain pengumuman Greninja sebagai Pokémon of the Year, Pokémon Day pada tanggal 27 Februari 2020 kemarin menghadirkan Pokémon baru, yaitu Zarude.

Kemarin (27/2) diperingati sebagai Hari Pokémon (Pokémon Day). Untuk peringatan tahun ini diadakan ajang popularitas Pokémon of the Year 2020yang akhirnya dimenangkan oleh Greninja.

Tentang Pokémon Day dan Pokémon of the Year

 

 

Tanggal 27 Februari telah ditetapkan sebagai Pokémon Day. Pokémon Day diperingati sebagai hari jadi franchise Pokémon karena gim Pokémon paling pertama, Pokémon Red & Green dirilis tepat pada tanggal 27 Februari 1996 di Jepang.

Dalam rangka Pokémon Day tahun ini, The Pokémon Company mengadakan berbagai acara. Salah satu puncak acara tersebut adalah penobatan Pokémon of the Year. Pokémon bekerjasama dengan Google mengadakan pemungutan suara Pokémon manakah yang layak menjadi Pokémon tahun ini. Pemungutan suara sudah diadakan pada tanggal 5 – 14 Februari 2020 dan dijadwalkan untuk diumumkan tepat pada tanggal 27 Februari atau tanggal berlangsungnya Pokémon Day.

Saat pemungutan suara berlangsung, pemilih dapat memlih satu dari lebih dari 800 jenis Pokémon yang ada hingga saat ini. Satu akun Google dihitung sebagai satu suara, sehingga satu akun hanya dibatasi memilih satu Pokémon per harinya.

Dilansir dari akun Twitter Pokémon Times, jumlah suara yang masuk telah mencapai lebih dari 6,6 juta.

Greninja Menempati Posisi Puncak

Pokémon of the Year Greninja 2020

Tepat pada tanggal 27 Februari 2020 diumumkan hasil pemungutan suara Pokémon of the Year. Akun Youtube resmi Pokémon menggunggah sebuah video berupa pengumuman hasil pemungutan suara Pokémon of the Year.

Greninja menempati posisi puncak dengan memperoleh sebanyak 140.559 suara.

Greninja, Pokémon Andalan Ash Ketchum di Kalos

Pokémon of the Year Greninja 2020

Greninja adalah evolusi terakhir dari Froakie. Sebelum menjadi Greninja, Froakie terlebih dahulu berevolusi menjadi Frogadier dan kemudian dilanjutkan menjadi Greninja.

Dari segi kompetitif, Pokémon bertipe Water dan Dark ini dikenal memiliki nilai kecepatan (speed) dan special attack yang tinggi sehingga menjadi andalan berbagai para Pokémon Trainer. Mengambil image sebagai gabungan antara seekor kodok dan Ninja (Shinobi), Greninja memiliki jurus andalan, Water Shuriken.

Di anime Pokémon X & Y dan Pokémon X,Y, dan Z, Ash Ketchum (Satoshi) memilih Froakie sebagai starter Pokémon untuk petualangannya di daerah Kalos. Seiring berjalannya waktu, Froakie berevolusi menjadi Frogadier dan pada akhirnya menjadi Greninja. Karena keterikatan antara Ash dan Greninja sangat kuat, Greninja-nya Ash mendapatkan transformasi khusus menjadi Ash-Greninja.

Di gim, Greninja milik Ash ini hanya bisa diperoleh di versi demo Pokémon Sun & Moon yang kemudian dapat ditransfer ke full gamenya. Greninja ini tentunya bisa bertransformasi menjadi Ash-Greninja karena memiliki ability eksklusif, Battle Bond.

Greninja telah menjadi salah satu fighter di gim Super Smash Bros. 4 (3DS & WiiU) dan Pokkén Tournament. Semenjak itu Greninja tetap hadir di gim selanjutnya (Super Smash Bros. Ultimate dan Pokkén Tournament DX).

Bukan Kemenangan Pertama

Kemenangan Greninja di ajang popularitas seperti ini bukanlah yang pertama. Mengutip dari Bulbapedia, pada tahun 2016 Greninja pernah memenangkan Pemilihan Umum Pokémon (Pokémon Sousenkyō 720 /ポケモン総選挙 720) yang diadakan di Jepang.

Kemenangan Greninja pada ajang Pokémon Sousenkyō 720 membuat Greninja terpilih menjadi Pokémon special yang didistribusikan dalam rangka perilisan film anime Pokémon tahun 2016, Pokémon the Movie: Volcanion and the Mechanical Marvel di Jepang.

Rangkuman Top 10 Pokémon of the Year 

Berikut adalah rangkuman Pokémon mana sajakah yang masuk ke dalam daftar 10 teratas selain Greninja.

Gengar meraih posisi ke-10 dengan memperoleh suara sebanyak 60.214. Salah satu Pokémon “teranggun”, Gardevoir menempati posisi ke-9 dengan memperoleh suara sebanyak 60.596.

Rayquaza yang merupakan satu-satunya Legendary Pokémon dalam peringkat 10 teratas ini menempati posisi ke-8 dengan memperoleh sebanyak 60.939. Garchomp, salah satu terkuat menempati posisi ke-7 dengan memperoleh sebanyak suara 61.877.

Sylveon dan Umbreon, Pokémon yang berasal dari lini evolusi Eevee (dikenal sebagai Eeveelution) masing masing menempati posisi ke-6 (66.029) dan ke-5 (67.062). Charizard, Pokémon Naga yang bahkan dianggap “bukan naga” dikarenakan tipe aslinya (Fire & Flying, akan tetapi jika dijadikan Mega Charizard X sudah menjadi Fire & Dragon) menempati posisi ke-4 dengan memperoleh sebanyak 93.968 suara.

Mimikyu, Pikachu “palsu” yang sering membuat bulu kuduk merinding jika kita membaca keterangan entri Pokédex-nya menempati posisi ke-3 dengan memperoleh sebanyak 99.077 suara. Lucario, Pokémon andalan Pokémon Champion daerah Sinnoh, Cynthia menempati posisi ke 2 dengan memperoleh sebanyak 102.259 suara.

Apakah Pokémon pilihanmu masuk ke dalam daftar? Jika tidak dan masih penasaran, kamu bisa melihat hasil selengkapnya di sini.

Sambut Mythical Pokémon Terbaru, Zarude

Pengumuman Pokémon of the Year 2020 ditutup dengan peluncuran Mythical Pokémon terbaru, Zarude. Zarude memiliki tipe Dark dan Grass. Belum ada pengumuman lanjutan terkait keberadaan Zarude di gim Pokémon Sword & Shield.

Keberadaan Zarude ini berkaitan dengan film anime Pokémon tahun ini, Pokémon the Movie: Coco. Zarude direncanakan akan menjadi salah satu tokoh utama di film tersebut. Film ini dijadwalkan dirilis di Jepang pada tanggal 10 Juli 2020.

Pokémon the Movie: Mewtwo Strikes Back – Evolution  Sudah Tayang di Netflix

Film anime Pokémon tahun lalu, Pokémon the Movie: Mewtwo Strikes BackEvolution sudah dapat ditonton di kanal streaming Netflix (kecuali untuk pengguna dari Jepang dan Korea) sejak 27 Februari 2020. The Pokémon Company telah mengumumkan hal tersebut sekitar sebulan sebelum film tersebut dapat ditonton di Netflix.

Loading...