Beranda » Demi Pansos, Anime Hayalan Yume Hikari Sebar Berita Hoax AFAID 2020

Demi Pansos, Anime Hayalan Yume Hikari Sebar Berita Hoax AFAID 2020

Sebuah halaman wibu di Facebook bernama Anime Hayalan: Yume Hikari berani membuat postingan Hoax terkait AFAID 2020.

Tidak lama informasi terbaru akan adanya event AFAID 2020, sebuah halaman di Facebook bernama Anime Hayalan Yume Hikari membuat keributan. Page ini dengan beraninya mengatakan sesuatu yang buruk dan seharusnya tidak boleh dilakukan.

Hmm, drama apalagi yang terjadi dalam dunia perwibuan di sosial media? Yuk, kita cari tahu bersama!

Anime Hayalan, “AFAID 2020 Hoax”

Anime Hayalan Yume Hikari Hoax

Anime Hayalan Yume Hikari adalah sebuah halaman Facebook yang memposting hal-hal berhubungan dalam dunia perwibuan. Dari apa yang kami lihat, halaman ini sangat aktif dalam meng-update konten mereka disana.

Namun, pada tanggal 9 Februari 2020, halaman ini memposting sebuah informasi yang benar-benar tidak bertanggung jawab. Anime Hayalan Yume Hikari mengatakan bahwa AFAID 2020 yang diumumkan beberapa waktu yang lalu adalah berita Hoax.

Amukan Netizen Otaku

Mengetahui hal ini, banyak para netizen otaku memberikan komentar pedas pada postingan tersebut. Tentu saja para netizen marah dan geram kepada Anime Hayalan. Postingan tersebut dengan jelas menyebut bahwa pengumuman AFAID 2020 adalah Hoax dengan kesan seperti mengejek. Padahal sudah jelas pengumuman ini asli dan langsung dari akun resmi sosial media AFA.

Indonesian Hoaxes Bertindak

AFAID 2020

Dengan cepat, sebuah halaman Facebook yang melakukan debunk Hoax, bernama Indonesian Hoaxes. Mereka langsung memberikan klarifikasi terkait masalah ini. Klarifikasi ini pun disambut baik oleh para netizen dan merasa sangat senang. Berikut adalah pernyataan halaman Indonesian Hoax

Kami tahu bahwa fan page tersebut memang selalu menyajikan konten satir, dan bukan bermaksud melarang membuat satir. Tapi perlu diingat bahwa satir dapat berpotensi menjadi #disinformasi/#misinformasiapabila disebar pada orang awam.

Terlebih satir yang dibuat benar-benar frontal tanpa ada sedikit unsur parodi seperti mengubah nama asli penyelenggara pagelaran tersebut. Yang pastinya apabila pihak penyelenggara merasa tidak terima, bisa dibawa ke ranah hukum atas penyebaran informasi palsu.

Sempat pamit di tahun 2019, pagelaran pop kultur Jepang yaitu AFA atau Anime Festival Asia mengkonfirmasi bahwa pagelaran tersebut akan kembali hadir di Indonesia tahun ini (2020). Tentu ini merupakan kabar baik bagi kalangan ‘wibu’.

Tapi sayangnya ada yang memanfaatkan momen tersebut. Salah satunya seperti yang diklaim oleh Fan Page Satir bernama Anime Hayalan. Berdalih “satir”, dengan mudahnya mengklaim bahwa pemberitaan yang diumumkan oleh akun resminya baik itu di Facebook ataupun Twitter adalah hoax.

Anime Hayalan Yume Hikari Minta Maaf

Karena situasi semakin tidak terkendali, akhirnya postingan mereka dihapus. Anime Hayalan Yume Hikari sempat hilang beberapa waktu untuk menghindari amukan para netizen. Dan setelah mereka kembali dengan pernyataan minta maaf atas apa yang telah mereka perbuat.

Kesimpulan: Anime Hayalan Yume Hikari Pansos

Anime Hayalan Yume Hikari Hoax

Entah apa yang dipikirkan oleh admin halaman Anime Hayalan Yume Hikari membuat postingan Hoax seperti itu. Mereka dengan beraninya menyebut pengumuman AFAID 2020 adalah Hoax. Walaupun mereka sudah minta maaf, tetapi kelakuan para admin di halaman tersebut seperti merasa tidak bersalah. Mereka serius minta maaf atau tidak, itu tergantung orang menilainya.

Dari apa yang saya lihat, mereka ini hanya mencari sensasi atau istilah populernya pansos dan ingin di notis oleh netizen. Tentu saja insiden drama ini menambah pengunjung di halaman mereka. Baik atau buruknya reaksi netizen, tetap saja tujuan utama admin yang memulai drama ini berhasil dengan sempurna.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...