Beranda » RCTI, iNews TV Tayangkan AFC Cup 2020, Ayo Dukung Tim Indonesia!

RCTI, iNews TV Tayangkan AFC Cup 2020, Ayo Dukung Tim Indonesia!

RCTI dan iNews akan menayangkan AFC Cup 2020. Ayo dukung perjuangan Bali United dan PSM Makassar mengharumkan nama bangsa!

Media Nusantara Citra (MNC) kembali menayangkan kompetisi sepak bola antar klub di Asia, AFC Cup 2020. Stasiun televisi RCTI dan iNews dipilih untuk menyiarkan AFC Cup 2020.

Jadwal Bali United dan PSM Makassar di iNews TV

Pertandingan pertama yang akan disiarkan adalah Bali United berhadapan dengan Than Quảng Ninh, tim asal Vietnam. Klub asal pulau Dewata ini bertarung di AFC Cup setelah terhenti di babak preliminary 2 kualifikasi AFC Champions League 2020.

Sempat dikabarkan akan ditayangkan di RCTI, namun karena perubahan jadwal fase grup AFC Cup 2020, pertandingan ini pun akhirnya ditayangkan di iNews. Pertandingan ini akan ditayangkan pada hari Selasa (11/2) pada pukul 18.25 WIB.

Di hari berikutnya, giliran PSM Makassar yang akan dijamu tim asal Singapura, Tampines Rovers. Menariknya, Tampines Rovers adalah tim yang dikalahkan Bali United di babak preliminary 1 kualifikasi AFC Champions League 2020.

Pertandingan ini akan berlangsung pada hari Rabu (12/2) dengan waktu kick-off pukul 18.45 WIB. Melihat waktu dimulainya, pertandingan ini juga akan ditayangkan di iNews.

AFC Cup 2020 Tayang di RCTI dan iNews Tergantung Waktunya

AFC Cup tayang di RCTI dan iNews

MNC membagi siaran AFC Cup 2020 kepada dua dari empat stasiun TV yang dimilikinya yaitu RCTI dan iNews. Pembagian siaran ini cenderung lebih fleksibel, dimana untuk fase yang lebih awal seperti fase grup saat ini, pembagian jadwal bergantung pada jam tayangnya.

Hal ini dapat dimengerti, mengingat RCTI sudah memiliki line-up program yang cukup solid di jam utama. Kehadiran Tukang Ojek Pengkolan memang menjadi andalan di stasiun TV swasta tertua di tanah air itu.

Sementara iNews memang masih berjibaku sebagai stasiun TV berita dan olahraga, berharap mendapat kenaikan rating berkat acara olahraga. Terlebih di AFC Cup 2020 kali ini ada 2 tim dari Indonesia yang bergabung, dengan jumlah massa yang cukup besar.

Pembagian hak siar ini bukan hal baru bagi MNC. Sejumlah event pernah ditayangkan MNC dengan sistem berbagi hak siar, seperti Premier League 2016-2019 yang ditayangkan di RCTI dan MNCTV serta Euro 2008 di RCTI dan Global TV.

Genggam Hak Siar AFC Hingga 2024

MNC tayangkan pertandingan AFC hingga 2024

Siaran AFC Cup dipastikan akan tetap bertahan di layar stasiun televisi milik MNC. Belum lama ini MNC telah meneken kontrak perpanjangan hak siar untuk seluruh ajang utama AFC hingga 2024.

Jika hingga tahun ini MNC hanya memegang hak siar terestrial, maka mulai tahun 2021 mendatang MNC memegang hak siar untuk seluruh platform. Saat ini untuk hak siar AFC untuk TV berbayar masih dipegang oleh Fox Sports.

AFC Cup, Lebih Rumit dari Europa League

AFC Cup merupakan kompetisi antar klub di benua asia. Berada di tingkat kedua di bawah AFC Champions League, AFC Cup bisa dikatakan setara dengan Europa League dari segi piramida kompetisi.

Walaupun demikian, kompetisi antar klub dalam konfederasi AFC mempunyai kerumitan tersendiri. Karena wilayahnya yang sangat luas, sistem kualifikasi dan pembagian grupnya dilakukan berdasarkan wilayah.

Untuk AFC Cup, Seluruh tim dibagi ke dalam 9 grup, dengan sebaran masing-masing 3 grup di wilayah Asia Barat dan ASEAN, serta masing-masing 1 grup di Asia Tengah, Timur dan Selatan.

Setelahnya, tim yang lolos fase grup akan masuk fase knock-out. Setelah terpilih 1 tim pemenang dari masing-masing wilayah, seluruh pemenang kecuali dari Asia Barat akan bermain babak inter-zone play-off. Pemenang dari fase tersebut telah ditunggu pemenang dari Asia Barat di babak final.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...