Beranda » Regional » Di Tengah-Tengah Banjir, SPBU Shell di Daan Mogot Jakarta Terbakar

Di Tengah-Tengah Banjir, SPBU Shell di Daan Mogot Jakarta Terbakar

Sebuah SPBU (Pengisian Bahan Bakar Umum) Shell terbakar di Jalan Daan Mogot saat bencana banjir Jakarta. Masalah ini menambah daftar panjang bencana banjir yang sedang dihadapi ibukota.

Dapet dri tmen..Be Safe Friends..Spbu shell meledak

Posted by Muhammad Sulhan on Wednesday, 1 January 2020

Dikutip dari Kumparan, SPBU terbakar milik Shell yang berlokasi di Jalan Daan Mogot, Grogol, Jakarta Barat tersebut terjadi sejak pukul 21.20 WIB.

Perisitiwa tersebut dibenarkan oleh Kasie Ops Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno.

Eko juga menambahkan bahwa peristiwa terbakarnya SPBU milik Shell tersebut terjadi saat timnya melakukan proses evakuasi korban banjir, dan belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

“Belum jelas (penyebabnya) karena kita barengan dengan evakuasi banjir ya, kita ke sana ya jadinya standby aja,” ujar Eko.

Selain Eko, TMC Polda Metro Jaya turut membenarkan peristiwa SPBU Terbakar saat bencana banjir Jakarta tersebut dengan mengunggah cuitan di akun Twitter resminya perihal kebakaran tersebut.

Beruntung api dengan cepat berhasil dipadamkan.

Penyebab SPBU Terbakar

Dikutip dari Kumparan, Kapolsek Kebon Jeruk Erick Sitepu mengatakan bahwa penyebab terjadinya kebakaran tersebut disebabkan oleh bensin yang tercecer dan percikan listrik.

“Itu bensin tercecer di air terus tersambar listrik. Korsleting listrik kena bensin. Sudah padam sih,” ujar Erick.

Erick juga menambahkan bahwa diketahui sebenarnya api sudah terlihat sejak pukul 19:00 WIB. dan dalam waktu satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

“Api terlihat jam 7 (malam). Jam 8 (malam) selesai dipadamkan oleh Damkar (Dinas Pemadam Kebakaran),” tambah Erick.

Dalam video yang beredar di sosial media juga memperlihatkan para pengguna jalan yang khawatir dengan bensin yang tercecer dan tercampur dengan air banjir di sekitar Jalan Daan Mogot. Tapi Erick sudah memastikan bahwa jalan tersebut sudah dibersihkan dari tumpahan bensin.

“Memang sedang banjir selutut. Bensin sempat tercampur air banjir tapi sudah dibersihkan,” ucap Erick.

Banjir Jakarta Awal Tahun 2020

Baru saja memasuki tahun 2020, selain SPBU Shell terbakar, wilayah Jakarta dan sekitarnya sedang dilanda banjir. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi membasahi wilayah Jabodetabek dalam waktu yang tidak sebentar.

Dalam rilis pers yang diterbitkan BMKG, tercatat curah hujan tertinggi berada di kawasan Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma sebesar 377 mm. Curah hujan yang tinggi juga terukur di kawasan Taman Mini sebesar 335 mm dan Jatiasih 259 mm.

Tingginya curah hujan di kawasan Halim Perdanakusuma menjadi yang tertinggi dalam catatan BMKG selama 34 tahun terakhir. Dalam beberapa kali banjir besar di Jakarta, curah hujan tertinggi sebelumnya terjadi di tahun 2007 dengan ketinggian 340 mm.

Loading...