Beranda » Regional » Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia Tutup Usia

Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia Tutup Usia

Pada tanggal 9 Januari 2020, Aula Sumitro Djojohadikusumo di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Jalan Terusan Halimun, Bandung, diliputi oleh suasana duka yang mendalam. Pasalnya, Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, yaitu Dr. Boyke Setiawan, telah meninggal dunia pada Rabu kemarin (8/1) dan jasadnya sempat disemayamkan dalam kawasan kampus tersebut. Beliau diketahui meninggal karena penyakit yang telah dideritanya sejak beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, kabar duka itu disampaikan oleh salah seorang staf khusus dari Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Menhan, yaitu Dahnil A. Simanjuntak, melalui akun media sosial Twitter miliknya. Dalam cuitannya tersebut, ia menyebutkan bahwa Dr. Boyke telah meninggal dunia pada pukul 22.25 WIB pada Rabu kemarin di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Beliau meninggal dunia dalam usianya yang ke-68.

Aula kampus tersebut dipenuhi oleh keluarga almarhum, kolega, kerabat, dan segenap civitas akademika UKRI yang datang melayat. Termasuk di antaranya adalah Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto. “Saya pikir pak Boyke adalah seseorang yang sangat patriotik, nasionalis, pekerja keras, dan pemimpin yang baik,” ujar Prabowo seperti dilansir dalam SuaraJabar.id. “Saya kenal dekat dengan beliau. Kami kehilangan.”

Almarhum memang sangat dekat dengan Prabowo. Sebelum diminta menjabat sebagai Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, beliau sebelumnya juga telah mengelola salah satu unit bisnis milik Prabowo, yaitu Polo Club, di kawasan Cibinong, Bogor, sampai dengan tahun 2017.

Pihak kampus UKRI juga mengenang almarhum Dr. Boyke Setiawan sebagai pribadi yang santai, egaliter namun sangat disiplin, juga berdedikasi tinggi dalam membangun kampus. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UKRI, Arining Wibowo, dalam masa kepemimpinan almarhum Dr. Boyke, pihak kampus telah mendapat sejumlah pencapaian. Di antaranya adalah perbaikan akreditasi, penambahan program studi, dan penyejahteraan dosen serta karyawan.

Almarhum Dr. Boyke Setiawan telah disalatkan pada jam 10.30 WIB pagi tadi dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung. Nawala Karsa turut mengucapkan belasungkawa. Selamat jalan, Dr. Boyke Setiawan.

Loading...