Beranda » Pesbukers ANTV Kembali Tayang, Sanksi KPI Tak Mempan?

Pesbukers ANTV Kembali Tayang, Sanksi KPI Tak Mempan?

Setelah lebih sebulan beristirahat, stasiun televisi ANTV akan kembali menayangkan Pesbukers. Acara variety show andalan televisi milik grup Bakrie itu akan mengudara mulai 28 Januari 2020.

Acara yang digawangi Raffi Ahmad dan kawan-kawan ini sebelumnya berhenti tayang setelah adanya surat edaran dari KPI. Dikutip dari Tempo.co, sejumlah warganet pun berharap acara ini benar-benar berhenti selamanya.

Berhentinya Acara Pesbukers Karena KPI?

Salah satu adegan kontroversial di acara Pesbukers ANTVDalam rilis pers yang dikeluarkan KPI, Pesbukers berhenti tayang pada 9 Desember 2019. Penghentian tersebut ternyata bukan karena sanksi dari KPI. Lembaga pemantau isi siaran itu menyebut penghentian tersebut murni inisiatif dari ANTV sendiri.

Pada rilis pers tersebut juga disebutkan bahwa terakhir KPI menjatuhkan sanksi kepada Pesbukers pada 8 Oktober 2019. Adapun sanksi yang dijatuhkan adalah sanksi administratif berupa teguran kedua.

Teguran dijatuhkan akibat melakukan pengabaian pada aturan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan pelanggaran terhadap Standar Program Siaran (SPS) KPI Tahun 2012.

Maju Mundur Siaran Pesbukers: Karena KPI Atau Rating?

Sebagai acara televisi yang sering menuai kontroversi, Pesbukers tergolong rajin menerima ‘surat cinta’ dari lembaga pemantau isi siaran itu.

Tercatat sejumlah 21 sanksi yang dijatuhkan kepada acara ini. Sanksi yang diterima antara lain peringatan, teguran, teguran tertulis, pengurangan durasi hingga penghentian sementara pada 19 Juni 2012.

Namun ternyata, tidak melulu KPI yang mengistirahatkan acara itu. Dalam beberapa kasus, Pesbukers berhenti tayang tanpa adanya ‘surat cinta’ itu.

Saat tren drama India memberi popularitas bagi ANTV, stasiun TV swasta asal Lampung itu memilih menghentikan acara Pesbukers demi drama India. Begitu pula ketika FTV lokal merajai jam tayang, Pesbukers pun sempat diistirahatkan.

Naik-Turun Acara TV, Strategi Yang Wajar

Tren acara Drama dan Non drama di televisi. Pesbukers di ANTV termasuk program non drama.Demi menjaga konsistensi di industri penyiaran, adalah wajar bagi stasiun TV untuk mengutak-atik program andalannya. Terlepas dari ratingnya yang naik-turun, pergantian program sering dilakukan agar stasiun televisi tersebut dapat merebut penonton di momen tertentu.

Membaca presentasi dari grup VIVA, induk usaha ANTV, pergantian musim antara program drama dengan non-drama umumnya terjadi dalam fase yang hampir berurutan.

Munculnya kembali acara Pesbukers dapat dilihat sebagai upaya menjaga angka rating agar tetap tinggi. Sebagai informasi, di pertengahan tahun lalu TRANS|7 secara mengejutkan mampu melabrak dominasi TV swasta, termasuk ANTV yang sempat nyaman di papan atas.

Ditambah dengan program drama yang kurang memikat hati penonton, ANTV harus mengambil langkah cepat agar tidak kehilangan gengsinya sebagai stasiun TV papan atas. Strategi memunculkan kembali Pesbukers yang ratingnya cukup stabil menjadi langkah yang diambil ANTV.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...