Beranda » Regional » Arsip Rusak Akibat Banjir, Gunakan Layanan Restorasi Arsip Keluarga ANRI

Arsip Rusak Akibat Banjir, Gunakan Layanan Restorasi Arsip Keluarga ANRI

ANRI – Rabu (01/01) lalu hingga hari ini, bencana banjir yang mencapai ketinggian hingga 3 meter melanda Jakarta dan menggenangi hampir pada setiap sudut kota. Tak terhitung berapa banyak gedung dan rumah-rumah yang menjadi korban, tidak hanya gedung dan rumah-rumah yang rusak karena banjir, tetapi juga berkas-berkas dokumen penting yang rusak akibat genangan banjir.

Arsip Nasional Republik Indonesia, atau disingkat sebagai ANRI menawarkan layanan kepada khalayak publik yaitu perawatan arsip pascabencana dan layanan restorasi arsip keluarga atau disingkat sebagai LARASKA. LARASKA merupakan layanan jasa yang diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia untuk mempreservasi arsip-arsip penting dengan nilai guna tinggi yang rusak karena terjadinya bencana. Program ini telah ada sejak 2004, yaitu ketika tsunami besar menerjang Aceh dan sekitarnya.

Hal ini berdampak besar, tidak hanya memakan korban nyawa, tetapi juga ada ribuan arsip penting, khususnya surat-surat hak milik tanah korban tsunami yang hilang pada bencana tersebut. Layanan tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun oleh pihak Arsip Nasional RI kepada masyarakat yang ingin merestorasi fisik arsip keluarga yang rusak akibat bencana. Arsip Nasional RI menerima berbagai macam arsip keluarga, diantaranya: akte perkawinan, akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, sertifikat tanah, ijazah, dan lainnya dengan syarat harus membawa dokumen aslinya, tidak dalam bentuk foto copy atau laminating.

Titik Lokasi Banjir Jakarta
Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, masih terendam banjir. (ISTIMEWA/Lamria Lidya Luciana Purba)

Secara prosedur, masyarakat akan dibantu oleh Humas ANRI untuk berkoordinasi dengan subdit restorasi arsip yang terletak pada gedung G.01 kantor ANRI. Kemudian, subdit restorasi arsip akan mengecek terlebih dahulu tingkat kerusakan arsip tersebut, apakah arsip tersebut dapat direstorasi atau tidak. Jika kerusakan tidak terlalu parah, maka pemilik arsip akan diarahkan pada prosedur selanjutnya.

Jika sebaliknya, maka sayang sekali arsip akan dikembalikan kepada pemilik arsip tersebut. Arsip yang dapat direstorasi selanjutnya diserahkan kepada subdit restorasi arsip dan pemilik arsip akan diarahkan untuk mengisi form 1 selagi arsip tersebut dalam proses restorasi. Setelah restorasi selesai, petugas subdit restorasi arsip akan menghubungi pemilik arsip untuk menyerahkan form 1 kepada petugas subdit restorasi arsip, kemudian petugas akan mengembalikan arsip yang telah direstorasi sesuai dengan nomor form 1. Terakhir, petugas subdit restorasi arsip mengisi form 2 dan buku catatan pembukuan arsip. 

Dalam proses restorasi arsip, ANRI menggunakan teknologi Vacuum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang untuk mengeringkan dokumen yang telah rusak akibat genangan air agar mempermudah dalam proses pengarsipan dokumen. Karena proses restorasi yang cepat pula, arsip yang sedang direstorasi oleh petugas subdit restorasi arsip dapat ditunggu dan selesai pada hari itu juga.

Layanan Restorasi Arsip Keluarga terbuka setiap hari kerja jam 08.00-15.00 WIB di kantor Arsip Nasional RI yang bertempat di Jl. Ampera Raya No.7, RT.3/RW.4, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor (021) 7805851 extensi 406. Akses situsnya melalui link berikut.

Penulis: Vinsensa Roseline (Divisi Surabaya)

Loading...