Beranda » Pop Kultur » Kirinji Umumkan Bubar, Tur Keliling Jepang Akan Jadi Yang Terakhir

Kirinji Umumkan Bubar, Tur Keliling Jepang Akan Jadi Yang Terakhir

Media Yahoo Japan melansir dari laman resmi band Kirinji mengatakan band tersebut akan mengakhiri aktivitas mereka secara keseluruhan. Mereka juga sekaligus memberitahukan bahwa bandnya akan mengadakan konser terakhir mereka ke beberapa kota di Jepang.

Album cherish terbaik sepanjang Kirinji menjadi band

Dari pengumuman yang terunggah di situs resmi Kirinji, anggota band tersebut mengungkapkan bahwa album terakhir mereka, “cherish” telah sukses di pasar musik industri Jepang. Rata-rata, menurut mereka, masyarakat yang membeli album tersebut suka dengan lagu-lagu yang disajikan didalamnya baik lewat CD maupun digital. Band yang digawangi tahun 1996 tersebut juga menyebut album mereka sebagai salah satu karya terbaik sepanjang diskografi musiknya.

Namun pada kenyataannya, mereka memutuskan untuk membubarkan band mereka tahun ini semenjak anggotanya mulai berkarir masing-masing. Termasuk diantara mereka adalah Takaki Horigome, frontman sekaligus vokalis dan gitar utama yang telah 23 tahun membina band tersebut.

Konser Kirinji Tour 2020 Jadi tur terakhir

Melanjutkan maklumatnya, band Kirinji juga akan mengadakan tur keliling Jepang untuk terakhir kalinya selama setahun penuh di kota-kota Jepang mulai 28 Februari. Pasca live tersebut mereka akan tampil di beberapa festival musik lainnya dan live terakhirnya mulai kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Mereka berjanji akan membawakan lagunya sebaik mungkin yang tidak akan dilupakan oleh para penggemarnya.

Meminta maaf atas pengumuman mendadak ini, band Kirinji menghaturkan maaf apabila ada karya atau performance mereka yang tidak berkenan di hati penggemar mereka. Selama menjadi band mulai dari 2013, mereka telah menyanggupi aktivitas mereka untuk menciptakan lagu-lagu andalannya berkat dukungan fans dari pelbagai tempat di seantero Jepang.

23 tahun bekarya dari duet menjadi band

Dibentuk tahun 1996 oleh Takaki Horigome, Kirinji awalnya merupakan band duet yang terdiri dari Horigome bersaudara, Takaki dan Yasuyuki. Mereka telah mengeluarkan single debutnya secara independen memakai nama yang sama pada tahun 1997. Selang pasang surut karir musik berdua, mereka telah merilis beberapa album dan single hingga Yasuyuki keluar dari band tersebut. Lagu mereka yang terkenal adalah Aliens, yang telah dimainkan oleh pengguna Spotify sebanyak 3.3 juta kali.

Sejak terpisah dengan adiknya pada 2013 karena tuntutan solo career, Kirinji mengalami restrukturisasi menjadi band dengan enam orang. Mereka beranggotakan vokalis Takaki sendiri, Hitoshi Kusunoki pada drum, Manabu Chigasaki sebagai bass, Genichi Tamura dan Erino Yumiki sebagai gitaris, dan Kotringo memegang posisi keyboardist. Kotringo sendiri hanya bertahan selama empat tahun di grup tersebut sebelum menempuh karirnya sebagai komposer musik. Ia sempat menjadi komposer musik untuk anime Koufuku Graffiti dan In This Corner of the World.

Format Band Kirinji tersebut telah mengisi banyak karya diskografi sepanjang restrukturisasinya. Salah satu yang terkenal adalah lagu Jikan Ga Nai yang tersedia di Spotify dibawah label Verve Records, yang dimainkan lebih dari sejuta kali. Single terbaru mereka, killer tune kills me dan Almond Eyes telah dirilis tahun lalu yang masing-masing berkolaborasi dengan YonYon dan Chinza Dopeness.

Sumber: Situs resmi band Kirinji via Yahoo Japan 
Header via Disk Garage ©︎Yosuke Suzuki

Loading...