Kamu Ingin Membuat Game? Yuk Ikutan Global Game Jam Jogja 2020!

Global Game Jam 2020 Jogja
Global Game Jam 2020 #Jogja

Global Game Jam Jogja – Apakah kamu memiliki ide untuk mengembangkan suatu game dengan karakter yang menarik dan kisah cerita yang unik? Namun tidak punya teman atau orang lain yang bisa diajak untuk berkolaborasi demi mewujudkan game impian kamu?

Apakah kamu seorang pengembang game dan merasa tertantang untuk mencoba membuat game bersama dengan orang yang belum pernah dikenal sebelumnya? Maka ini adalah kesempatan kamu untuk mengikuti acara Global Game Jam 2020 #Jogja!

Game Jam sendiri adalah kegiatan berkolaborasi membuat game dalam waktu yang relatif singkat, biasanya dalam 48 atau 72 jam. Sedangkan acara Global Game Jam adalah kegiatan game jam terbesar di dunia dan berlangsung secara serentak di berbagai lokasi yang tersebar diseluruh dunia.

Pada penyelenggaraan Global Game Jam di tahun 2019, setidaknya 113 negara dan lebih dari 47.000 peserta turut berpartisipasi dan menghasilkan lebih dari 9000 game. Pada tahun ini, kegiatan ini akan dijadwalkan pada 31 Januari 2020 hingga 2 Februari 2020.

Global Game Jam 2020 Akan Digelar di Jogja!

Logo Global Game Jam 2020 #Jogja

Di Indonesia, kegiatan Global Game Jam 2020 akan digelar di berbagai kota seperti di Bali, Bandung, Surabaya, Tangerang Selatan dan Yogyakarta. Adapun di Yogyakarta, acara Global Game Jam 2020 akan digelar oleh Komunitas Game Developer Jogja atau yang lebih dikenal dengan GameLan. Ini adalah kali ketujuh mereka akan berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Global Game Jam.

Pada kesempatan kali ini GameLan akan berkolaborasi dengan AccelByte, sebuah startup di Yogyakarta yang terlibat dalam pengembangan game Borderlands 3. Tentunya AccelByte sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri gaming, dengan team engineer di Yogyakarta, Indonesia, ingin mendukung developer muda di Indonesia untuk berkembang. Tapi tidak hanya itu, AccelByte juga ingin mengedukasi dan memberikan tips-tips dari teknologi yang mungkin belum diketahui oleh rekan-rekan developer muda.

https://www.instagram.com/p/B3EU88Rhmbi/

Global Game Jam 2020: Bikin Game dalam 48 Jam Tanpa Henti

Kegiatan game jam ini akan dilaksanakan secara non-stop dari Jumat (31 Januari 2020) siang hingga Minggu (2 Februari 2020) sore. Pada kegiatan ini, peserta akan membuat kelompok berdasarkan ide game yang mereka sukai dan berkolaborasi selama 48 jam. Peserta dipersilahkan untuk bermalam dilokasi pun bisa pulang dan kembali ke lokasi di keesokan harinya.

Diakhir acara seluruh tim peserta akan mempresentasikan karyanya dan seluruh game beserta source code-nya akan diunggah ke situs globalgamejam.org agar dapat dinikmati oleh seluruh warganet di berbagai penjuru dunia.

Poster Global Game Jam 2020 #Jogja

Mochammad Rizal Saputra selaku Ketua GameLan (Komunitas Game Developer Jogja) berharap agar peserta bisa menjajal langsung, bereksperimen, dan berkolaborasi untuk menciptakan game yang mereka sukai melalui kegiatan Global Game Jam. Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan Global Game Jam merupakan momen kick-start yang sangat efektif dan menyenangkan untuk berkenalan dengan dunia pengembangan game.

Kembali mengadakan Global Game Jam adalah salah satu cara yang GameLan dan AccelByte lakukan untuk meningkatkan excitement dalam hal karir di dunia industri gaming. Jika menilik pada data yang ada, saat ini industri gaming sendiri lebih menguntungkan dibandingkan industri musik dan movie combined. Bagi siapapun yang mau menekuni karirnya di industri game, industri ini sangatlah menjanjikan.

Lokasi Dan Cara Berpartisipasi

Kegiatan ini akan terbuka untuk umum, siapa saja yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan game dan berusia 18 tahun keatas dipersilahkan bergabung. Untuk peserta yang berusia dibawah 18 tahun diwajibkan untuk didampingi oleh orang tua atau wali. Bagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan Global Game Jam 2020 #Jogja, pendaftaran peserta dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan berikut ini: https://bit.ly/ggj2020jogja.

Global Game Jam Jogja 2020 akan berlokasi di kantor AccelByte, yang beralamat di Sahid J-Walk, Lantai 1. Jalan Babarsari No 2, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Tentang GameLan – Komunitas Game Developer Jogja

GameLan adalah komunitas game developer yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya.
Berdiri sejak 27 Mei 2011, komunitas ini aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah
satu kegiatan tahunan GameLan adalah Global Game Jam. Dokumentasi kegiatan game
jam yang di organisir oleh GameLan bisa dicek melalui kanal YouTube pada tautan ini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.