Beranda » Regional » Jakarta International Stadium Mulai Dibangun, Begini Kondisinya!

Jakarta International Stadium Mulai Dibangun, Begini Kondisinya!

Jakarta International Stadium (JIS) / Stadion Internasional Jakarta merupakan salah satu proyek unggulan PT. Jakarta Propertindo (Jakpro). Stadion ini digadang-gadang akan lebih mewah dan besar dibandingkan dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Proyek ini juga merupakan kerjasama operasi (KSO) antara PT. WIKA Gedung, PT. Jaya Konstruksi, dan PT. Pembangunan Perumahan (PP).

Redaktur Nawala Karsa mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi proyek Stadion JIS yang terletak di Jakarta Utara ini. Namun karena cuaca saat itu tiba-tiba menjadi mendung, kami belum diizinkan masuk ke area proyek karena faktor keselamatan. Kami hanya meliput di sisi aman proyek, sekaligus mendengar penjelasan dari Asisten Manajer Konstruksi, Rizky Fauzi.

“Jadi per Januari ini, di minggu kedua kita sudah sampai dengan 16% di mana saat ini kami sedang mengerjakan kolom utama freestanding setinggi 60 meter di mana ini sudah berdiri tiga kolom. (Salah satunya) sudah naik kurang lebih ada 20 meter, yang dua kolom lainnya memang sedang masih assembly. Selanjutnya kita kejar untuk 8 kolom ini bisa naik segera. Jadi si kolom 60 meter ini untuk menunjang dan mengangkat struktur atap, dan juga merupakan pekerjaan critical juga.”ujar Fauzi.

Stadion yang mampu menampung 82.000 penonton ini ditargetkan rampung pada 20 Oktober 2021. “Deviasi masih plus 5% dari rencana, harusnya di Januari ini 11% namun kita achieve di 16%. Saat ini kita bersama-sama coba untuk tetap on-schedule dengan deviasi 5% ini. Setiap bulannya kita ingin jaga 5% ini terjaga terus, takutnya ada force-majeur yang tidak kita inginkan.” tambahnya.

Akses Transportasi Umum Menuju Stadion JIS

Stadion JIS ini terletak di Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara. Saat ini belum banyak memiliki akses transportasi umum di sekitar stadion ini, hanya ada Transjakarta rute 10K (Senen-Tj. Priok) dan beberapa angkot non-Jaklingko yang melewati stadion ini. Nantinya, LRT Jakarta fase II akan dibangun menuju stadion ini dari Stasiun Pegangsaan Dua.

“Infonya memang (stasiunnya) dekat dengan ramp barat kami, jadi kemungkinan stasiunnya ada di sisi barat setelah ramp (Taman BMW). Stadion kami memang untuk luas parkirnya dibatasi, agar lebih banyak pengguna transportasi umum. Jadi nanti ada KRL (Commuter Line), LRT Jakarta, dan juga Bus Rapid Transit atau Transjakarta,” jelas Fauzi.

Jakarta International Stadium ini juga sangat dekat dengan jalur KA Tanjung Priok – Ancol – Jakarta Kota, namun jauh dari stasiun manapun, baik Stasiun Tanjung Priok maupun Stasiun Ancol. PT. Jakpro berharap dapat membangun stasiun di dekat Stadion JIS.

“Untuk KRL saat ini kami sudah bersurat ke PT KAI untuk mengusulkan adanya stasiun baru yang lebih dekat. Namun dari KAI, lebih baik bersurat ke Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan. Nah ini kita coba engage juga ke Kemenhub-nya,” tambahnya.

Loading...