Beranda » Press Release » Bersiaplah! Indonesia Cosplay Grand Prix Bakal Kembali Diadakan!

Bersiaplah! Indonesia Cosplay Grand Prix Bakal Kembali Diadakan!

Seperti tahun-tahun sebelumnya Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) kembali akan diadakan dengan penyisihan di 4 kota besar di Indonesia. Yaitu Yogyakarta pada Maret 2020, Pekanbaru, Maret 2020, Malang, April 2020 dan Bandung, April 2020.

Babak Penyisihan akan dimulai tiga bulan lagi dan kompetisi final akan diadakan di Jakarta bulan Juni 2020.

Indonesia Cosplay Grand Prix

Indonesia Cosplay Grand Prix 2020 Bawa Slogan #INDONESIAJUARALAGI

Untuk gelaran di tahun ini, ICGP membawa slogan #INDONESIAJUARALAGI. Tiga kali meraih posisi runner-up dan 1 kali meraih posisi pertama dalam kompetisi WCS, membuat Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan untuk kembali membawa pulang piala WCS ke tanah air.

Salahs satu perwakilan dari ICGP, Zhuge Kamiya, yang juga alumni dari kompetisi tersebut mengatakan. Bahwa di Indonesia cosplay bukan lagi hanya sekedar hobi, melainkan sudah menjadi salah satu bidang yang dapat memberikan prestasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Dengan semangat tersebut, kami berharap bahwa #INDONESIAJUARALAGI tidak hanya menjadi hashtag di media social atau hanya sekadar slogan belaka, tapi juga dapat menjadi motivasi untuk para cosplayer-cosplayer berbakat dalam meningkatkan kemampuan dan kreatifitas mereka secara maksimal.” ucapnya dalam siaran pers ICGP.

Indonesia Cosplay Grand Prix

Tentang Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP)

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) sendiri merupakan ajang kompetisi cosplay tingkat nasional. Di mana pemenangnya akan mewakili Indonesia di ajang Word Cosplay Summit (WCS) di Jepang.

ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) adalah sebuah kompetisi cosplay berbentuk performance yang dimulai sejak tahun 2012 dan terus diselenggarakan secara tahunan di Indonesia. Penyelenggaranya adalah CLAS:H sebuah event organizer untuk pop culture Jepang dan khususnya cosplay.

Indonesia Cosplay Grand Prix merupakan kompetisi cosplay paling bergengsi di Indonesia. Dan setiap tahun selalu dibidik oleh cosplayer dan costume maker dari berbagai daerah di Indonesia.  Selain peraturan kompetisi yang sangat ketat berstandar dunia.

Event ini pun menjadikan setiap pesertanya mendapatkan pengalaman dan mengasah skill cosplay mereka. Juara pertama ICGP juga akan menuju kompetisi dunia WCS (World Cosplay Summit) yang diadakan di Nagoya, Jepang sebagai perwakilan Indonesia untuk bersaing dengan perwakilan negara di seluruh dunia.

Indonesia Cosplay Grand Prix

Aturan dasar kompetisi ICGP terdiri 2 cosplayer dalam sebuah tim. Mereka akan menampilkan sebuah performance atau pertunjukan duet dengan sebuah cerita tertentu sesuai dengan judul yang mereka bawakan.

Peserta juga diharuskan untuk membuat kostumnya sendiri, dibuktikan dengan dokumentasi pembuatan kostum sebagai persyaratan keikutsertaan.

Selain penilaian dalam kostum dan pertunjukan, peserta juga harus mempersiapkan sendiri properti pendukung, audio dan background video sebagai latar performance untuk mendukung keseluruhan pertunjukan. 

Kompetisi Indonesia Cosplay Grand Prix memiliki 2 tahapan, yaitu kompetisi penyisihan ICGP yang diselenggarakan di daerah tertentu dan kompetisi final ICGP untuk memilih perwakilan Indonesia. Untuk kompetisi penyisihan ICGP, peserta akan melewati seleksi pertama yang dinilai dari dokumentasi pembuatan kostum, dan video contoh performance.

Peserta yang lolos seleksi pertama akan maju ke kompetisi penyisihan ICGP di daerah bersangkutan. Pemenang dari kompetisi penyisihan ICGP akan maju ke kompetisi final yang biasanya diadakan di event Ennichisai, Jakarta.

Khusus untuk tahun 2020, Ennichisai ditiadakan sampai 2021, maka lomba final akan diselenggarakan di event tunggal CLAS:H di bulan Juni.

Tentang World Cosplay Summit (WCS)

WCS (World Cosplay Summit) adalah ajang gathering dan kompetisi cosplay tingkat dunia yang dimulai sejak tahun 2003. Diselenggarakan setiap tahun di musim panas bulan Agustus di Nagoya, Jepang. Lebih dari 40 negara yang akan berpartisipasi di tahun 2020, negara partisipan WCS selalu meningkat setiap tahun.

Di WCS, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling ditunggu aksinya karena setiap tahun. Selalu ada kejutan dari performancenya baik diatas panggung maupun diluar panggung.

Pencapaian terbaik Indonesia adalah juara Dunia tahun 2016. 4 tahun sejak keikutsertaannya, dan 3 besar selalu menjadi langganan Indonesia di antara negara-negara lainnya.

Berikut adalah raihan Indonesia sejak tahun 2012 dalam ajang WCS:

  • 2012 : Juara 3 
  • 2014 : Juara 3
  • 2016 : Juara 1
  • 2018 : Juara 2

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...