Beranda » Regional » Banjir Jakarta Disebabkan Curah Hujan Tinggi, Fasilitas Terganggu

Banjir Jakarta Disebabkan Curah Hujan Tinggi, Fasilitas Terganggu

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun baru 2020 nyatanya bukan menjadi tahun baru yang meriah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Jutaan warga Jakarta harus melalui awal tahun dengan menghadapi bencana banjir.

Curah Hujan Tinggi, Jakarta Pun Banjir

Jam-jam pertama tahun 2020 dilalui Jabodetabek dengan curah hujan yang tinggi. Dalam rilis pers yang diterbitkan BMKG, tercatat curah hujan tertinggi berada di kawasan Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma sebesar 377 mm. Curah hujan yang tinggi juga terukur di kawasan Taman Mini sebesar 335 mm dan Jatiasih 259 mm.

Tingginya curah hujan di kawasan Halim Perdanakusuma menjadi yang tertinggi dalam catatan BMKG selama 34 tahun terakhir. Dalam beberapa kali banjir besar di Jakarta, curah hujan tertinggi sebelumnya terjadi di tahun 2007 dengan ketinggian 340 mm.

Sejumlah Layanan Fasilitas Terganggu Akibat Banjir Jakarta

Banjir yang melanda wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi membuat sejumlah fasilitas terganggu. Terganggunya aliran listrik di Jakarta menyebabkan sejumlah stasiun televisi tidak mengudara. Stasiun televisi NET., RTV, tvOne, Cahaya TV dan O Channel terpaksa turun dari ruang siar.

Selain itu sejumlah fasilitas publik juga terganggu akibat banjir di kota Jakarta. Moda transportasi terintegrasi dalam kota Jak Lingko terpaksa menunda operasionalnya dikarenakan banjir. Layanan telekomunikasi pun tak dapat digunakan akibat banjir.

Matahari Terbenam, Banjir Jakarta Tak Kunjung Redam

Hingga Rabu malam, tercatat sejumlah titik masih dilanda banjir. Salah satunya di ruas tol Jakarta-Tangerang Km. 4 dimana dari 3 lajur, lajur 1 masih tergenang air setinggi 20 cm, menurut laporan Jasamarga pukul 20.30 WIB.

Terkait ketinggian air, pihak pemantau Sungai Cisadane masih menetapkan sungai tersebut dalam status Awas. Tinggi meter air (TMA) belakang terpantau pada ketinggian 12,20 meter pada pukul 19.53 WIB.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...