Kejuaraan Basket Malaysia Salah Pasang Bendera Malaysia

Kejadian tersebut terjadi saat pembukaan National Under-15 Basketball Championship di MABA Basketball Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia

Salah bendera Malaysia
Panitia Kejuaraan Basket Malaysia Salah Memasang Bendera Malaysia (Twitter/SyeqSaddiq)

Beberapa hari yang lalu, negara tetangga yaitu Malaysia sempat dihebohkan dengan insiden salah pasang bendera Malaysia di kejuaraan basket.

Dilansir dari Liputan6 yang mengutip dari The Star, kejadian itu terjadi pada tanggal 28 November 2019 di MABA Basketball Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia saat panitia menampilkan bendera Malaysia pada layar sembari diiringi lagu kebangsaan Malaysia.

Tapi pada layar tersebut, bendera Malaysia yang ditampilkan hanya memiliki 10 garis merah dan putih, harusnya terdapat 14 garis merah dan putih. Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia Syed Saddiq menyayangkan insiden tersebut melalui cuitan di akun Twitter resminya @SyedSaddiq.

“Saya tidak terima alasan “tersilap bendera”Budak kecil berumur 5 tahun pun boleh tahu mana satu bendera MALAYSIA.Saya sudah arahkan pejabat PJS siasat & ambil tindakan dengan segera.Kita marah jika orang asing perlekehkan bendera Malaysia. Kita bagaimana?” Cuit Syed.

Tidak lama setelah insiden tersebut, Malaysian Basketball Association (MABA) meminta maaf atas kejadian tersebut. Presiden MABA, Datuk Lua Choon Hann juga menjelaskan kronologi salah pasang bendera tersebut yang disebabkan oleh kecerobohan kontraktor.

“Ketika kesalahan terjadi, direktur eksekutif kami segera meminta video itu dimatikan. Kami menangani permasalahan ini sangat serius dan telah bekerja dengan otoritas untuk menyelidiki,” ujar Lua.

Dia juga menambahkan bahwa pihak MABA telah memutus kontrak dengan layanan kontraktor tersebut. “Kami meminta maaf kepada seluruh penduduk Malaysia dan kami sangat menyesalkan eror, kecerobohan dan masalah yang telah disebabkan,” tambah Lua.

Karma Atas Insiden Bendera Indonesia Yang Terpasang Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017 Malaysia?

Bendera Indonesia terpasang terbalik
Bendera Indonesia dalam posisi terbalik di buku panduan SEA Games 2017 Malaysia (Detik)

Dalam insiden bendera Malaysia yang salah pasang tersebut, tak sedikit netizen Indonesia yang mengaitkan insiden tersebut dengan apa yang terjadi saat SEA Games 2017 di Malaysia, dimana pada buku panduan SEA Games 2017, bendera Indonesia dalam posisi terbalik sehingga malah terlihat seperti bendera Polandia.

“Dulu bendera negara Indonesia, Anda pasang terbalik. Jangan pernah lupa! Apa yang kalian lakukan dengan sengaja, akan berbalik pada kalian. Apa kau tanam akan kau tuai juga hasilnya,” cuit akun Twitter @Novelis11.

Ada juga netizen yang menanggap bahwa insiden tersebut berkaitan dengan hukum rimba. “Hukum rimba barang siapa tidak menghormati negara lain, maka jangan harap negaramu untuk dihormati,” cuit akun Twitter @Nur_Mahmudu.

Dikutip dari Detik, Malaysia meminta maaf atas insiden terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan SEA Games 2017 tersebut. Permintaan maaf tersebut langsung diucap oleh Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia saat itu Khairy Jamaluddin.

Hal ini berawal saat Menpora Indonesia saat itu, Imam Nahrawi melalui akun Twitter resminya mengunggah foto buku panduan SEA Games 2017 yang menampilkan bendera Indonesia terbalik, disertai dengan cuitan kekecewaan.

“Pembukaan #SEAgames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita…Merah Putih. Astaghfirullaah…,” Kicau Imam. Cuitan tersebut langsung direspon oleh Menpora Malaysia saat itu Khairy Jamaluddin melalui akun resmi Twitternya.

“Bapak Imam, mohon diterima permintaan maaf saya yang sangat tulus soal ini. Sesungguhnya tidak ada niat jelek. Saya amat kesal dengan kesalahan ini. Mohon maaf,” balas cuit Khairy.