Beranda » Regional » Kabupaten Bekasi Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo

Kabupaten Bekasi Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo

Pada siang tadi (12/10) tepat pukul 12.54 WIB, kabupaten Bekasi diguncang gempa berkekuatan 3,2 magnitudo. Hal tersebut dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  melalui akun twitter resminya di @InfoBMKG.

BMKG menerangkan melalui akun twitternya, bahwa gempa terjadi sekitar pukul 12:54:22 WIB. Dengan pusat gempa bumi terletak di koordinat 6.54 LS – 107.08 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 22 kilometer Barat Daya Kabupaten Bekasi dengan kedalaman 4 kilometer.

Dilansir dari AyoBekasi.net, BMKG menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hal ini ditinjau melalui penglihatan lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya.

Lebih lanjut dalam keterangan tersebut, BMKG menjelaskan bahwa belum ada informasi terkait munculnya gempa susulan. “Hingga laporan ini dibuat pukul 14:05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” tulis BMKG dalam keterangannya.

Seperti yang terterang dalam gambar yang diunggah BMKG. Gempa dirasakan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III di Cikarang dan MMI II-III di Cibarusah. Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala MMI III getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut terkait gempa yang terjadi di Bekasi ini. Hasil kerusakan bangunan dan dampak dari gempa bumi tersebut pun belum dilaporkan.

BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.



Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...