Buroq, Layanan Ojek Online Yang Viral Karena Meme

Layanan Ojek Online tersebut belakangan ini sedang viral setelah akun sosial medianya melalui Fan Page Facebook menggunakan meme sebagai media marketing!

Layanan Ojek Online Buroq
Layanan Ojek Online Buroq Ngememe (Facebook/buroq.sakti)

Meme merupakan hal lumrah yang dilakukan oleh netizen untuk menghibur diri sendiri dan juga orang lain yang melihatnya, kemudian kepincut untuk membagikan meme tersebut.

Tapi bagaimana jika sekelas perusahaan menggunakan meme sebagai media marketingnya?

Seperti yang dirasakan oleh salah satu layanan ojek online yaitu Buroq baru-baru ini ramai diperbincangkan setelah Fan Page Facebooknya membuat meme untuk mempromosikan layanannya.

Dalam postingannyaFan Page tersebut mengunggah foto YouTuber PewDiePie mengatakan “and that’s the great price” sebagai reaction image setelah mengetahui bahwa saat memakai layanan ojek online Buroq hanya membutuhkan biaya 7 ribu rupiah untuk sekali trip.

Siapa sangka bahwa postingan yang terlihat ‘nyeleneh’ itu justru menarik perhatian netizen yang membacanya, bahkan sejauh ini postingan tersebut mendapatkan 1.8 ribu react, dan telah dibagikan sebanyak 1.7 ribu kali dan terus bertambah.

Selain itu, netizen yang penasaran dengan layanan ojek online tersebut berbondong-bondong mengunduh aplikasi tersebut.

Diketahui layanan ojek online yang berlokasi di Pondok Pesantren Kedunglo, Kediri, Jawa Timur ini baru menyediakan layanan “Buroq” (ojek motor), “Kereta Kencana” (mobil), dan “Hidangan Surga” (pesan makanan), pembayaran bisa melalui tunai ataupun Buroq Pay.

Melihat viralnya postingan tersebut, Buroq membuat status baru di Fan Pagenya yaitu “Anjay Trending”.

Bukan Hal Baru

Instansi pemerintah ngememe
LAPAN RI menggunakan meme untuk mengedukasi netizen tentang gerhana matahari cincin (Facebook/LAPANRI)

Sebenarnya bukan hal baru jika suatu perusahaan hingga instansi pemerintah ngememe di akun sosial media resminya untuk menarik perhatian netizen. Seperti pada bulan Oktober 2019 saat Fan Page resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Republik Indonesia mengunggah gambar yang menjelaskan gerhana matahari cincin dengan memakai referensi meme “Woman Yelling at a Cat”.

Siapa sangka bahwa unggahan tersebut menarik perhatian banyak netizen dengan mendapat 1.4 ribu react dan 1.9 ribu kali dibagikan, dan tidak sedikit netizen yang mengapresiasi admin Fan Page dengan meminta LAPAN untuk menaikkan gaji admin yang membuat meme tersebut.

Dear LAPAN, please kasih admin ini kenaikan gaji”. Ujar akun Facebook Panji Gusti Akbar di kolom komentarnya.