Beranda » Bus & Kereta » Kereta Barang Terguling di Stasiun Doplang, Perjalanan KA Terganggu

Kereta Barang Terguling di Stasiun Doplang, Perjalanan KA Terganggu

Blora, Jawa Tengah (12/12) . Sebuah rangkaian kereta api barang terguling di emplasemen Stasiun Doplang, Jawa Tengah. Kejadian tersebut menimpa KA Semen bernomor 2704 yang mengangkut 20 gerbong pengangkut semen. Belum diketahui penyebab terjadinya peristiwa ini. Dari info yang kami dapat, dari 20 gerbong yang dibawa, 9 gerbong terguling, dan satu gerbong paling belakang anjlok 2 as roda.

Akibat insiden tersebut, hampir seluruh jalur Stasiun Doplang tidak dapat dilalui KA lainnya. Belum diketahui pula dampak KA yang tertahan akibat insiden ini. Sebagai tindak lanjut atas kejadian ini, nantinya akan disiapkan kereta penolong dan kereta crane untuk evakuasi.

Kereta yang terguling ini adalah KA 2704 yang menjadi Kereta Barang penangkut semen dari Nambo sampai Ketapang. Kereta ini merupakan KA dengan relasi terpanjang di Indonesia, dari Nambo sampai Ketapang (sebelumnya Banyuwangi). Saking panjangnya, KA ini memiliki 4 nomer, yakni 2701 (NMO-KPB), 2704 (KPB-KLM), 2705 (KLM-SDT), dan 2707 (SDT-KTG). Kereta ini biasanya terdiri dari 20 gerbong datar dan ditarik oleh lokomotif CC206.

Stasiun Doplang (DPL) (bahasa Jawa: ꦱꦼꦠꦱꦶꦪꦸꦤ꧀​ꦢꦺꦴꦥ꧀ꦭꦁtranslit. Sêtasiyun Doplang) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang berada di Doplang, Jati, Blora. Stasiun yang terletak pada ketinggian +77 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang dan merupakan stasiun aktif yang lokasinya paling barat di Kabupaten Blora. Saat ini hanya ada satu layanan kereta api yang diberhentikan di stasiun ini, yaitu kereta api Blora Jaya Ekspres.

Loading...