Beranda » Halte Transjakarta Dukuh Atas 2 “Pindah”, Begini Pengalihan Rutenya

Halte Transjakarta Dukuh Atas 2 “Pindah”, Begini Pengalihan Rutenya

Mulai Rabu, 4 Desember kemarin, Halte Transjakarta Dukuh Atas 2 ditutup untuk sementara waktu. Penutupan halte ini sebagai imbas dari pembangunan Stasiun LRT (Light Rail Transit) Jabodebek, Stasiun Dukuh Atas. Selain itu, imbas dari proyek ini juga menutup sebagian ruas Jalan Galunggung (sebelah selatan dan timur Gedung Landmark). Pengalihan jalur ini direncanakan akan dilangsungkan sampai akhir tahun ini.

Sebagai pengganti Halte Dukuh Atas 2, PT Transportasi Jakarta selaku operator Transjakarta membuat Halte sementara untuk menggantikan fungsi halte Dukuh Atas 2 yang ditutup. Halte ini terletak di median Jalan Galunggung, tepatnya di sebelah utara Gedung Landmark (dekat Banjir Kanal Barat/BKB). Meskipun sementara, halte yang terbuat dari rangka besi ini juga dilengkapi dengan toilet.

Halte ini memiliki 4 pintu, 2 untuk penurunan dan 2 unuk penaikan. Namun, halte ini hanya melayani Koridor 4 arah Pulogadung dan Rute L4 menuju PGC 2 (Pusat Grosir Cililitan, halte dalam).

Pengalihan Rute Transjakarta dari Dukuh Atas ke Tosari

Imbas dari penutupan jalan dan halte ini juga menyebabkan bus Koridor 4 (Dukuh Atas 2-Pulo Gadung 2), Koridor 6 (Dukuh Atas 2-Ragunan), dan rute L4 (Dukuh Atas 2-PGC 2, via Pramuka) tidak dapat langsung memutar menuju ke arah Timur, sehingga diberlakukan pengalihan rute.


Sumber: Transport for Jakarta [https://www.facebook.com/transportforjakarta/photos/gm.3160642360616022/2171784899792674/?type=3&theater&ifg=1]
Untuk Koridor 4, setelah melewati halte Halimun, bus akan berjalan terus sampai Halte Dukuh Atas 2 Temporer, selanjutnya bus melewati terowongan dukuh atas dan berbelok ke kiri menuju Jl. M.H. Thamrin, dan masuk Halte Tosari. Di Halte Tosari, bus akan melayani penumpang di pintu M dan pintu N (bus berpintu 2). Setelah itu, bus akan mengitari Bundaran HI, dan kembali mengarah ke selatan. Selanjutnya bus akan berbelok masuk ke Jalan Blora, dan berrbelok ke kiri tepat di depan Terowongan Kendal. Bus akan berjalan terus sampai ke Jembatan Halimun, dan berbelok untuk kembali masuk ke jalur menuju Pulo Gadung (Tidak melewati halte Halimun).

Bus Koridor 4 dilayani di pintu M Halte Tosari

Untuk Koridor 6, rutenya diperpendek menjadi Ragunan-Halimun. Rute ini tidak jauh berbeda dengan rute eksisting, hanya saja setelah bus berangkat dari halte Halimun, bus akan kembali melanutkan perjalanan menuju Ragunan.

Untuk rute L4, segmen Pasar Rumput-Dukuh Atas mengalami pengalihan sama seperti koridor 4.

Selain ketiga rute tersebut, terdapat rute lain yang mengalami pengalihan. Rute tersebut ialah rute DA2 (Stasiun MRT Dukuh Atas-Tanah Abang). Jika sebelumnya rute tersebut melewati Jalan R.M. Margono Djojohadikoesoemo (Dari Tanah Abang berbelok ke kiri di Simpang Karet), dialihkan menjadi lewat Jalan K.H. Mas Mansyur, kemudian belok kiri menuju Jl. Jenderal Sudirman. Penumpang yang akan naik atau turun, dapat menggunakan bus stop rute 5F (Jl. K.H. Mas Mansyur) dan 1N (Jl. Jend. Sudirman).

Skywalk Paid Area (SWPA) Dukuh Atas yang kosong.

Karena Jembatan Penyebrangan Orang Penumpang Transjakarta (SWPA, Skywalk Paid Area) yang menghubungkan Halte Dukuh Atas 2 dan Halte Dukuh Atas 1 juga ditutup. Sebagai alternatif, bagi penumpang yang akan menuju Manggarai s.d. Pulo Gadung dapat menggunakan bus koridor 4 di Halte Tosari. Bagi penumpang yang menuju kawasan Kuningan (Jl. Rasuna Said), dapat menggunakan bus koridor 6A di Halte Bundaran HI.

Loading...