Beranda » Game & Tekno » Sony Hadirkan Tombol Back Button Tambahan di Playstation 4

Sony Hadirkan Tombol Back Button Tambahan di Playstation 4

Kontroler untuk konsol Playstation 4 akan mendapatkan add-on terbaru berupa Back Button! Hal ini diumumkan Sony Interactive Entertainment melalui video terbarunya di YoutubeAdd-on yang bisa di-customize tersebut akan dijual pada 23 Januari 2020 seharga US$29.99.

Overview Back Button untuk Playstation 4

Back Button tersebut akan memiliki tiga tombol, dimana dua tombol pertama akan menjadi semacam ‘peniru’ kendali tombol lain dalam kontroler dan tombol yang lain merupakan tombol setting bagi alat tersebut. Tombol setting tersebut dilengkapi dengan OLED Display dan akan membantu kamu untuk mengubah pengaturan kendali pada back button.

Selain itu, add-on untuk Dualshock Playstation 4 ini juga dilengkapi dengan Audio Jack khusus Headphone. Alat ini dapat disambungkan dengan kontroler Dualshock melalui port kecil yang ada dibawah kontroler.

Dengan adanya add-on tersebut, ada kemungkinan Sony memikirkan tentang pengguna disabilitas yang turut menggunakan konsol tersebut. Umumnya, kontroler gim serupa juga menyediakan tombol tambahan dalam kontroler yang mereka buat, serta, tombol tersebut juga berguna untuk pemain dalam level competitive gaming user.

PS4 Diurus, Kapan PS5 Keluar?

Konsol Playstation terbaru dari Sony Interactive Entertainment ini akan menghadirkan kontroler baru dengan teknologi Trigger dan Haptic adaptif.

Melalui laman Twitternya, Playstation mengumumkan akan meluncurkan lini produknya yang terbaru yaitu Playstation 5. Konsol ini disebut-sebut akan dirilis pada tahun 2020 mendatang, tepatnya pada saat musim liburan di kawasan Amerika Utara.

“Hari ini, dengan bangga saya mengabarkan bahwa konsol next-generation kami akan diberi nama Playstation 5,” tulis Presiden sekaligus CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan, “Dan kami akan meluncurkannya tepat saat musim liburan tahun 2020,” ujarnya melalui blog milik Playstation.

Post pada blog tersebut bertujuan untuk menambahkan informasi yang sebelumnya telah dipublikasikan oleh situs WIRED secara eksklusif.

Akan Hadirkan Haptic Feedback di PS5

Playstation 4
Booth Playstation di Battle of The Toys 2019 (NK)

Pembaharuan terbaru dari konsol Playstation 5 nantinya adalah kehadiran Haptic Feedback pada kontroler. Sensor ini akan menggantikan teknologi Rumble yang sebelumnya telah ada di Playstation 4.

“Dengan Haptics, anda dapat merasakan umpan balik yang lebih luas,” ujar Jim, “kamu bahkan dapat merasakan sensasi dari berbagai tekstur ketika berlari melalui padang rumput ataupun lumpur.”

Inovasi kedua yang datang dari Sony ialah Adaptive Trigger yang disematkan pada tombol L2 dan R2.

Nantinya para pengembang gim dpat memprogram resistensi trigger tersebut sehingga para pemaim dapat merasakan sensasi taktil saat membusur atau saat ‘tancap gas’ di mobil off-road melewati kawasan bebatuan.

Kabar baiknya, sejumlah developer gim terpilih telah dikirimi kontroler terbaru dari Sony. Hanya menunggu waktu saja bagi para pengembang untuk terbiasa dengan konsol tersebut hingga dapat memprogramnya.

Walau begitu, Jim Ryan belum mau membeberkan detil tambahan mengenai konsol gim generasi kelima Sony tersebut. Walau begitu, keberadaan Playstation generasi berikut ini akan sangat diantisipasi oleh banyak penggemarnya

Hadirkan VR dengan Kamera?

Sony sejenak telah merilis pengumuman mengenai PS5. Kini, mereka tengah membahas mengenai Playstation VR 2. Setelah berbagai rumor dan spekulasi menyebar di sosial media, Sony memberikan keterangan resmi mengenai konsol game Playstation 5 yang meneruskan generasi sebelumnya pada konsol PlayStation.

Konsol yang akan diluncurkan bertepatan dengan musim liburan 2020 ini memperkenalkan beberapa fitur yang berbeda dari versi sebelumnya.

President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan mengumbar sejumlah fitur baru yang akan hadir di konsol tersebut. Salah satunya, terdapat rumor Sony dikabarkan tengah mengembangkan headset PlayStation Virtual Reality (VR) generasi kedua yang akan menunjang konsol Playstation 5.

Berdasarkan dokumen paten yang dikuak oleh situs pembocor LetsGoDigital, Sony tengah mematenkan perangkat yang ditujukan untuk memproses data (data processing). Meski tidak disebutkan, ada kemungkinan perangkat tersebut adalah Playstation VR 2 karena mempunyai desain yang mirip dengan generasi pertamanya.

Jika dilihat dengan seksama, meski tampak serupa dengan PlayStation VR, ada beberapa fitur menarik yang disebutkan di dalam paten tersebut.

Augmented Reality Siap Diterapkan!

playstation vr2

PlayStation VR 2 juga memiliki fitur wireless yang memungkinkan kacamata VR tersambung ke PS5 tanpa menggunakan kabel. Dilansir oleh KompasTekno dari LetsGoDigital, Senin (14/10/2019), kacamata VR generasi kedua ini juga dilengkapi dengan mode transparan.

Dengan mode tersebut, bagian depan PlayStation VR 2 bisa berubah menjadi lapisan transparan yang bisa berfungsi untuk fitur Augmented Reality (AR) serta kacamata konvensional.

Tak hanya itu saja, Headset VR ini dibekali dengan dua kamera yang terletak di bagian depan dan belakang serta sejumlah lampu LED yang menempel di sekeliling kacamata VR. Lampu LED ini berfungsi memantau pergerakan pemain, beserta mikrofon yang telah terpasang di headset.

Terdapat juga satu kamera tambahan yang akan disematkan di Playstation Move, aksesoris pengendali game VR yang dapat membaca gerakan pemain lebih akurat.

Namun, belum bisa dipastikan apakah paten yang memuat PlayStation VR 2 ini akan diwujudkan atau tidak lantaran pihak Sony belum mengumbar informasi terkait kacamata VR ini.

Konsol ini pun digadang-gadang akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4), serta mendukung berbagai teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

Loading...