Beranda » Regional » Heboh, Empat Pemakai Ahegao Di KLCC Dikecam Netizen Malaysia!

Heboh, Empat Pemakai Ahegao Di KLCC Dikecam Netizen Malaysia!

Mungkin tidak ada salahnya jika Kamu bisa cosplay sesuai karakter dari franchise yang Kamu senangi. Namun, jika Kamu terpikir untuk bertingkah secara tidak wajar seperti ahegao di tempat publik, janganlah seperti pria-pria ber-hoodie masuk plaza KLCC dibahas di artikel ini.


DISCLAIMER

Artikel ini mengandung materi yang sangat sensitif bagi pembaca berusia dewasa. Jangan lupa untuk bersikap bijak mengatasi insiden ini dan belajar untuk tidak mengulangi kejadian serupa di event terdekat tempatmu, ya!


Empat Pria Masuk Mal KLCC dengan Hoodie Ahegao!

Dikutip dari berita gaya hidup, SAYS Malaysia, pada event Comic Fiesta Malaysia yang berlangsung pada 21-22 Desember di KLCC (Kuala Lumpur Convention Centre), mencatut sebuah postingan di media sosial. Postingan itu berisikan ada kelompok empat sekawan kompak memakai hoodie dan celana ahegao, sebuah meme yang beredar di internet.

klcc drama ahegao hoodie

Semula, motif dari seragam hoodie tersebut tidaklah memberi reaksi secara signifikan, hingga postingan Facebook dari pengguna berinisial LD tidak sabar buat berkomentar hal tersebut. Ia menulis ketika empat orang tersebut berbusana secara tidak wajar di mal sebelah venue event hanya karena motifnya yang terlihat tidak mainstream. Beranggapan ada saat dan tempat dimana hoodie itu boleh dipakai, Ia memikirkan konsekuensi moril daripada berpakaian ahegao tersebut.

LD juga menambahkan menurutnya, tren popkultur anime, manga dan game di Malaysia terbilang asing di mata masyarakat Malaysia. Komunitas disana tersandung banyak skandal yang melibatkan beberapa cosplayer tamu, contohnya, sempat tidak bisa pulang ke negaranya karena masalah visa.

Hingga artikel ini diangkat, postingan asli di media sosial tersebut tampaknya sudah terhapus dan tidak bisa diakses lagi. Pada postingan tersebut, sekitar 500 share dan ratusan komen berdatangan ke post tersebut sebelum menghilang. Sedangkan di Says, netizen memberi lebih dari 800 reaksi, 363 komentar dan dibagi sebanyak 881 kali dalam platform Facebook.

Netizen Malaysia: “Eh boleh ke orang masuk KLCC guna hoodie tu?

Tentu saja, reaksi daripada netizen pada postingan di laman tersebut mengundang pro dan kontra busana ahegao.

Jaga sikapmu, masbros. Bukannya Kamu engga boleh pakai. Tempatnya itu buat segala kalangan ingin menikmati anime, manga, game dan segalanya. Ga usah provokasi dan pakai otakmu dikit, lah…

Kalo ga salah busana kayak begini sudah enggak boleh dipake di banyak event di Amerika. Kaget aja ada di Malaysia yang pada pakai gituan.

Udahlah, itu kan ga ada telanjang-telanjangnya. Orang biasa pun bodo amat bakal ngerti maksud dari motifnya gimana…

Hanya karena Kamu memiliki kebebasan berekspresi, tidak berarti Kamu bebas dari konsekuensi perbuatanmu sendiri.

Kamu pakai Ahegao di Event? Siap-Siap Tidak Dibolehkan Masuk!

Berdasarkan “database” meme KnowYourMeme, Ahegao merupakan suatu meme yang tersebar di dunia internet, menggambarkan wajah tampak sangat puas karena sesuatu. Umumnya, ahegao ini biasa digambarkan di beberapa doujinshi dewasa, yang memberikan impresi ketika meraih kepuasan berhubungan intim. Ekspresi ini terinspirasi dari beberapa adegan film dewasa yang memang disengaja dibuat demikian demi fantasi penggemarnya.

Saking terlanjur banyak wibu mengetahui meme tersebut, banyak yang kini menganggap muka ahegao itu adalah candaan dalam komunitas. Namun, ada saja penggemar bandel yang “ingin” menyebarkan paham tersebut di lingkungan masyarakat sekitar yang polos.

YouTuber popkultur Noble dalam kanalnya Lost Pause pun mengomentari fenomena tersebut di video tentang larangan pakai baju ahegao. Dalam videonya, Ia berkata bahwa baju atau segala apapun bermuatan ahegao tidak diperbolehkan dipakai di tempat umum. Ia menyayangkan bahwa fenomena ahegao tersebut sudah menjamur luas di seantero komunitas popkultur, tidak mengetahui latar belakangnya terlebih dulu.

Pada akhirnya, Kami menyarankan bahwa dalam ber-event, selalu memperhatikan beberapa etika ketika sudah dalam event, termasuk berbaju sekalipun. Apalagi jika nantinya Kamu bepergian kemana-mana di ruang publik, ada kalanya mengikuti norma sosial untuk menghindarkan Kamu dari dampak negatif dari masyarakat menjadi pencegahan terbaik.

Sumber: Says Malaysia via Laman resmi Facebook Says, Kanal YouTube Lost Pause

Loading...