Semakin Banyak Rute, Semakin Mudah Menuju Jiyuu Matsuri

Rute Jiyuu Matsuri

Tahun ini, Jiyuu Matsuri (dikenal sebagai Jimat) kembali dgelar untuk yang kesekian kalinya. Tahun ini, Jiyuu Matsuri mengangkat tema “Dive in Animation”. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jiyuu Matsuri diadakan di Lapangan Utama Kampus A Universitas Negeri Jakarta.

NawaReaders mau menuju venue Jiyuu Matsuri tapi tidak tahu rute menuju ke UNJ? Jangan khawatir, kami telah menyiapkan beberapa opsi rute untuk menuju ke sana.

Menuju Jimat Dengan MRT Jakarta

Stasiun MRT Jakarta terdekat dengan venue Jiyuu Matsuri adalah Stasiun Dukuh Atas BNI. Jika NawaReaders berasal dari wilayah Lebak Bulus sampai dengan Setiabudi, silakan gunakan MRT Jakarta tujuan Bundaran HI, lalu turun di Stasiun Dukuh Atas BNI.

Dari Stasiun Dukuh Atas BNI, berjalanlah sekitar 500 meter menuju Halte Transjakarta Dukuh Atas 2, yang berada di sebelah selatan Gedung Landmark. Gunakan Transjakarta arah ke Pulo Gadung (Koridor 4) dan turunlah di halte UNJ.

Dengan LRT Jakarta

Stasiun LRT Jakarta terdekat dengan venue Jiyuu Matsuri adalah Stasiun Velodrome. Jika NawaReaders berasal dari wilayah Kelapa Gading sampai dengan Pulomas, silakan gunakan LRT Jakarta Tujuan Velodrome, lalu turun di Stasiun Velodrome. Selanjutnya berjalanlah menuju Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun. Anda dapat turun lalu menyeberang lewat zebra cross atau dengan menggunakan skybridge.

Jika anda menggunakan Kartu Uang Elektronik, anda bisa melalui skybridge (jembatan penghubung) antara Stasiun LRT Velodrome dengan Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun. Jembatan ini memudahkan pengguna LRT Jakarta dan Transjakarta karena tak perlu khawatir menunggu saat yang aman untuk menyebrang.

Dari Halte Pemuda Rawamangun, gunakan Transjakarta yang mengarah ke Barat untuk menuju Halte UNJ. Semua rute yang mengarah ke Barat pasti berhenti di Halte UNJ.

Dengan KRL Commuter Line

Stasiun KRL Commuter Line terdekat dengan venue Jiyuu Matsuri adalah Stasiun Manggarai. Jika NawaReaders berasal dari wilayah Bogor, Depok, sampai dengan Tebet, silakan menggunakan Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Angke, ataupun Jatinegara. Jika NawaReaders berasal dari wilayah Cikarang, Bekasi, sampai Cakung, silakan menggunakan Commuter Line tujuan Jakarta Kota.

Commuter Line

Dari Stasiun Manggarai, NawaReaders dapat menggunakan Transjakarta yang berada di sebelah kanan (setelah tap-out). Gunakanlah bus yang melayani ke Halte Manggarai (pastikan tidak melintas langsung). Dari Halte Manggarai, gunakan Transjakarta koridor 4 tujuan Pulo Gadung, lalu turun di Halte UNJ.

Namun, jika NawaReaders wilayah Rangkas Bitung, Parung Panjang, Serpong, sampai Kebayoran, kamu cukup menggunakan Commuter Line Tujuan Tanah Abang, dan turun di Stasiun Palmerah. Dari Stasiun Palmerah, kamu bisa menggunakan Transjakarta tujuan Tosari, dan transit di Halte Tosari. Selanjutnya gunakan Transjakarta rute 4A arah Tugas Rawamangun, turun di Halte UNJ.

Jika NawaReaders berasal dari wilayah Kota Tangerang sampai Pesing, kamu cukup menggunakan Commuter Line Tujuan Tanah Abang, dan turun di Stasiun Grogol. Selanjutnya kamu dapat berjalan menuju Halte Transjakart Jelambar. Dari Halte Jelambar, gunakan Transjakarta rute 4A arah Tugas Rawamangun, turun di Halte UNJ.

Dengan KA Lokal

Jika NawaReaders berasal dari wilayah Cikampek sampai dengan Tambun dan ingin menuju Jiyuu Matsuri, kini tak perlu khawatir! Kamu dapat menggunakan KA Lokal Walahar ataupun Jatiluhur dan turun di Stasiun Kramat. Dari Stasiun Kramat, berjalanlah sekitar 750 meter menuju Halte Transjakarta Pasar Genjing. Selanjutnya, gunakan Transjakarta yang mengarah ke Pulo Gadung (Koridor 4, 4H, atau 4M) ataupun Tugas Rawamangun (Rute 4A), lalu turun di Halte UNJ

Rute Jiyuu Matsuri Dengan Transjakarta

Di rute berikutnya ada Transjakarta, yang paling dekat dengan venue Jiyuu Matsuri. Halte terdekat sudah pasti ialah Halte UNJ. Namun selain itu, ada juga Halte Utan Kayu Rawamangun yang bisa jadi opsi alternatif NawaReaders selain Halte UNJ.

Jika kamu turun di Halte Utan Kayu Rawmangun, berjalanlah menuju UNJ melewati Jalan Rawamangun Muka.

Transjakarta

Halte Transjakarta UNJ melayani beberapa rute berikut pada hari sabtu, minggu, dan libur:

  • Koridor 4 (Pulo Gadung 2 – Dukuh Atas 2)
  • Koridor 4H (Pulo Gadung 2 – Ragunan)
  • Koridor 4K (Pulo Gadung 2 – Blok M via Cawang – Pancoran)
  • Koridor 4M (Pulo Gadung 2 – Kota via Salemba – Mangga Besar)
  • Koridor 7M (Pulo Gadung 2 – Kampung Rambutan)
  • Rute 4A (Tugas Rawamangun – Jelambar)

Silakan buka web atau aplikasi Trafi untuk mendapatkan panduan jelas menuju Halte Transjakarta UNJ. Masukkan  kata kunci “UNJ” pada lokasi tujuan di web atau aplikasi Trafi.

Menuju Jimat dengan Kendaraan Pribadi

Walaupun tidak disarankan, tetapi bagi NawaReaders yang rumahnya jauh dari akses Trasnsportasi Umum, kami tak menghilangkan opsi ini. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi menuju venue Jiyuu Matsuri, bisa memarkirkan kendaraannya di gedung parkir yang terletak di Jalan Rawamangun Muka. Untuk membuka peta menuju UNJ, klik pranala berikut.

Dengan semakin banyaknya opsi dan rute perjalanan menuju Jiyuu Matsuri, semoga menambah semangat NawaReaders untuk menuju ke sana. Sampai jumpa di Jiyuu Matsuri 2019!

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur, teknologi, dan transportasi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!