Facebook Larang Konten Kreator Hadiri Kejuaraan Mobile Legends

Facebook gaming melarang konten kreatornya menghadiri kejuaraan MLBB
Nawala Karsa - Facebook Gaming

Kejuaraan dunia Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) direncanakan akan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 15 November 2019 sampai 17 Novmber 2019. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mengikuti dan menghadiri kejuaraan dunia tersebut, khususnya para konten kreator Facebook Gaming yang harus gigit jari.

Dikutip dari MMOCulture, Facebook Gaming mengancam akan memberi sanksi tegas pada para konten kreator situs tersebut meski hanya menghadiri kejuaraan tersebut.

Dalam pemberitahuan yang disebar untuk para konten kreator Facebook Gaming, Facebook Gaming menyadari bahwa tidak sedikit konten kreatornya yang diundang di kejuaraan dunia Mobile Legends: Bang Bang sebagai guest.

Walau hanya sebagai guest, Facebook Gaming menanggap bahwa undangan tersebut telah melanggar kebijakan sebagai konten kreator di situs tersebut. Dengan alasan “Menjadi Brand Ambassador Facebook Gaming“, dan diketahui acara tersebut diperuntukkan untuk YouTube Gaming yang menjadi salah satu kompetitor Facebook Gaming, membuat Facebook Gaming melarang keras para konten kreatornya untuk menghadiri acara tersebut.

Pemberitahuan untuk konten kreator facebook gaming

Sejauh ini belum ada komentar lebih lanjut dari Facebook Gaming perihal mengapa melarang para konten kreatornya menghadiri acara tersebut meski hanya menjadi guest. Tapi dapat diketahui bahwa penyebab larangan ini dikarenakan faktor persaingan antar dua platform yaitu Facebook Gaming dan YouTube Gaming.

Facebook menduga bahwa acara turnamen Mobile Legends ini dikhususkan untuk saingannya saja, sehingga dianggap tidak wajib menurunkan konten kreatornya untuk menghadiri acara tersebut.

Turnamen MLBB Apa yang Dimaksud?

Mengutip dari laman MyTicketAsia, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) World Championship 2019 (M1) adalah turnamen e-sports profesional yang diselenggarakan oleh Moonton selaku pengembang MLBB. Turnamen tersebut sekaligus menandakan dimulainya turnamen kejuaraan dunia MLBB pertama.

Peserta turnamen akan memperebutkan hadiah total sebesar lebih dari 250.000 Dollar Amerika Serikat atau sekitar 3.5 Miliar Rupiah (Kurs 1 Dollar Amerika Serikat = 14.000 Rupiah).

Rencananya turnamen tersebut akan diselenggarakan di gedung Axiata Arena yang berlokasi di Lebuhraya Bukit Jalil, Jalan Barat, Bukit Jalil, 57000 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 15 November 2019 sampai 17 November 2019. Diketahui biaya tiket masuk mencapai 15 sampai 110 Ringgit Malaysia atau sekitar 50.000 sampai 370.000 Rupiah (Kurs 1 Ringgit Malaysia = 3.300 Rupiah).