Japanese Film Festival Akan Hadir Di Jogja November ini!

5 film Japanese Film Festival Yogyakarta

Dikutip dari siaran pers resmi dari The Japan Foundation, Japanese Film Festival 2019 (JFF) akan segera digelar di Yogyakarta pada 19-23 November 2019. Festival film ini akan bekerja sama dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2019 (JAFF)  di minggu yang sama.

Pada festival film di Yogyakarta ini, ada lima film Jepang yang akan diputar di dua tempat di Yogyakarta. Empat film diantaranya adalah beberapa keluaran tahun 2019 yang sempat masuk box office di Jepang, sedangkan satu lagi berformat hitam-putih keluaran 1953. Jadwal daripada pemutaran film-film JFF di JAFF bisa Kamu akses melalui situs www.jaff-filmfest.org, dan khusus untuk pemutaran film klasik Ugetsu Monogatari akan diputarkan secara gratis di LPP Yogyakarta.

Satu info menarik lagi, akan datang produser film Angel Sign, Mr. Yusei Kato dan produser dari film We Are Little Zombies, Ms. Ruri Kumazawa. Mereka djiadwalkan akan memberikan post talk usai pemutaran film mereka masing-masing di JAFF.

Untuk film JFF mana saja yang akan diputar di JAFF nanti, Kamu bisa lihat di tabel dibawah ini:

No Judul Sutradara Durasi Tahun Rilis
1 Samurai Shifters Isshin Inudo 120 menit 2019
2 Bento Harassment Renpei Tsukamoto 106 menit 2019
3 We are Little Zombies Makoto Nagahisa 120 menit 2019
4 Angel Sign Tsukasa Hojo 105 menit 2019
5 Ugetsu Monogatari Kenji Mizoguchi 97 menit 1953

Mengenai Japanese Film Festival

Japanese Film Festival adalah event film tahunan yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation. Festival film ini menyajikan berbagai film Jepang yang rata-rata adalah box office, yaitu film terlaris dan sukses dari Jepang. Tahun ini, JFF Indonesia membawa 14 film terbaru dari beragam genre untuk diperkenalkan kepada masyarakat di Indonesia khususnya di lima kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Bandung.

Untuk JFF di Yogyakarta ini, ada lima film yang akan diputar di dua tempat di Yogyakarta, yaitu Empire XXI Yogyakarta dan LPP Yogyakarta. Salah satunya adalah film Ugetsu Monogatari, film keluaran tahun 1953, yang dibintangi oleh Masayuki Mori dan Machiko Kyo, yang pernah bermain dalam film Rashomon. Film ini pernah mendapat nominasi Academy Awards 1956 atas Desain Kostum terbaik, dan juga mendapatkan Silver Lion di Venice Film Festival kala film ini diputar dimasanya.