Benarkah Manga The [email protected] Million Live! Akan Hadir di Indonesia?

Pada Kamis, 14 November 2019, akun Facebook bernama Yuda AniOta, memberikan informasi kalau manga The [email protected] Million Live! akan diterbitkan di Indonesia. Dia membagikan informasi tersebut dengan menyertakan sebuah foto dan gambar screenshot.

Foto pertama adalah Rencana STO (buku yang akan terbit) Gramedia Bandung, 27 November 2019. Pada daftar tersebut terlihat ada judul The Idol [email protected] Million Live! jilid 1, karangan Yuki Monji. Lalu yang kedua adalah screenshot dari situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di mana terlihat nomor ISBN edisi manga ini milik Elex Media Komputindo sudah terdaftar di sana.

Benarkah Informasi Ini?

Semua informasi yang disampaikan ini benar adanya. Gambar pertama memang merupakan STO asli yang diterbitkan oleh Gramedia. Nomor ISBN yang sudah didaftarkan juga benar adanya. Bahkan saat artikel ini sedang ditulis, ISBN jilid ke-4 edisi Elex Media Komputindo ini sudah terdaftarkan. Hal ini bisa kamu lihat sendiri di tautan berikut.

Jadi sudah dipastikan manga ini akan diterbitkan di Indonesia. Jika memang proses penerbitannya lancar, manga ini akan diterbitkan sesuai STO Gramedia ini yaitu, 27 November 2019. Juga melalui informasi ini dipastikan kalau manga ini akan dibandrol harga 25.000 Rupiah, dengan edisi cetakan reguler. Nantikan konfirmasi selengkapnya di jadwal terbit komik dari kami.

Tentang Manga The [email protected] Million Live!

The Idolm@ster Million Live!
© The [email protected] Million Live! / Yuki Monji, Elex Media Komputindo

Manga The [email protected] Million Live! ini adalah manga yang digambar dan dikarang oleh Yuki Monji. Pertama kali diterbitkan tahun 2014, oleh penerbit Shogakukan. Diserialisasikan di majalah manga Gessan. Berserialisasi selama 2 tahun hingga 2016, manga ini sudah tamat di Jepang dalam 5 jilid.

The [email protected] adalah sebuah seri permainan video simulasi kehidupan dan ritme yang dibuat oleh Bandai Namco Games (dulunya Namco). Seri ini berpusat pada karier seorang produser yang bekerjasama dengan sekelompok calon idola pop dalam sebuah agensi talenta “765 Production”. Seri ini awalnya dirilis sebagai sebuah permainan arkade tahun 2005, franchise ini pun tumbuh berkembang dengan adanya port, sekuel dan spin-off di berbagai konsol permainan, termasuk tiga permainan jejaring sosial. Seri ini juga merambah berbagai media seperti anime, media cetak, drama audio, sebuah drama Korea, dan acara radio. Walaupun tiap judul The Idolmaster memiliki tingkat kesuksesan yang berbeda, secara keseluruhan, seri ini menghasilkan pendapatan 10 triliun yen per tahun 2013.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!