Akhirnya, Kartu Multi Trip MRT Jakarta Segera Dijual

Kartu Multi Trip MRT

Setelah 8 bulan beroperasi, akhirnya Kartu Multi Trip MRT Jakarta (Multi Trip Ticket, MTT) akan segera dijual kepada penumpang. Sebelumnya, jenis tiket ini belum dapat digunakan karena kendala perizinan dengan Bank Indonesia. Izin tersebut merupakan perizinan sebagai penerbit uang elektronik berbasis chip.

Berdasarkan surat Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta (Asisten Gubernur Bank Indonesia), nomor  21/447/DKSP/Srt/B tertanggal 14 November 2019, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah mendapatkan persetujuan izin Bank Indonesia sebagai Penerbit Uang Elektronik berbasis chip.
Perizinan ini belaku selama 5 (lima) tahun sampai dengan 14 November 2024 dan dapat diperpanjang kembali.

Sebagaimana tercantum dalam surat izin Bank Indonesia, MRT Jakarta juga melakukan interkoneksi dan interoperabilitas dalam bentuk konvergensi teknis dengan kartu KMT Kereta Commuter Indonesia (KCI) paling lambat 1 Januari 2022.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia dan juga PT MRT Jakarta berkomitmen untuk melaksanakan tindak lanjut yang dipersyaratkan oleh Bank Indonesia. Direktur Utama PT MRT Jakarta juga mengajak publik untuk mulai menggunakan MTT mulai tanggal 25 November 2019.

Kartu Multi Trip (Multi Trip Ticket, MTT) adalah salah satu bentuk tiket MRT Jakarta yang berbentuk fisik kartu. Kartu ini bersifat deposit (saldo), dan dapat digunakan dengan saldo minimal Rp. 3.000,00 setiap kali akan tap-in. Kartu ini dapat dibeli di loket ataupun Mesin tiket Otomatis di stasiun MRT Jakarta, dengan Harga Rp. 25.000,00 belum termasuk saldo.

Kartu Multi Tip ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh dibandingkan dengan Tiket Sekali Pakai (Single Trip Ticket, STT) termasuk kecepatan pembacaanya. Bahkan, tak sampai menyentuh pembaca kartu (sekitar 5 cm dari alat), gerbang tiket sudah terbuka. Menurut perhitungan, kartu dan gerbang tiket ini mampu menyelesaikan sekitar 60 penumpang/menit.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!