Yahoo Groups Tutup, Netizen Malah Salah Paham!

Yahoo Groups ditutup
Selamat tinggal Yahoo Groups - Nawala Karsa

Seperti yang kita ketahui bahwa menjelang akhir bulan Oktober 2019 nanti, Yahoo secara resmi akan menutup salah satu layanannya yaitu Yahoo Groups.

Dikutip dari KOMPASYahoo akan menutup layanan tersebut per tanggal 21 Oktober 2019, mulai per tanggal tersebut, pengguna Yahoo Groups tidak dapat lagi mengunggah berbagai konten, dan semua konten yang ada pada layanan tersebut akan dihapus secara permanen.

Yahoo mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghapus semua konten yang terdapat pada layanan Yahoo Groups per tanggal 14 Desember 2019, konten-konten yang dimaksud adalah file milik pengguna, polling, tautan, foto, folderdatabase, kalender, percakapan, dan data riwayat pengguna.

Yahoo pun sudah menyarankan para pengguna grup Yahoo untuk segera mengunduh semua data yang tersimpan di layanan tersebut.

“Mulai 28 Oktober Anda tidak dapat mengunggah konten lagi ke halaman grup Yahoo, dan pada 14 Desember semua konten yang sebelumnya telah diunggah akan dihapus secara permanen,”, tulis Yahoo dalam pengumumannya.

Yahoo menambahkan “Anda hanya memiliki waktu hingga tanggal tersebut untuk menyimpan apa pun yang telah Anda unggah,”. Walau demikian, Yahoo tidak menjelaskan secara detail mengapa layanan tersebut ditutup.

Kesalahpahaman Netizen Perihal Tutupnya Layanan Ini

Tidak lama setelah Yahoo mengumumkan akan menutup salah satu layanannya yaitu Yahoo Groups. Tidak sedikit netizen yang salah mengartikan pengumuman tersebut.

Nawala Karsa menemukan bahwa tidak sedikit yang panik bahwasanya mereka takut tidak bisa menggunakan lagi e-mail Yahoo yang sudah terlanjur mereka daftarkan ke suatu platform seperti sosial media.

Sebenarnya, netizen tidak perlu panik karena yang ditutup Hanya salah satu layanannya saja, bukan e-mail nya. Sehingga netizen tidak perlu mengubah e-mail Yahoo yang sudah didaftarkan ke suatu platform.

Sejarah Singkat Yahoo Groups

Logo lama Yahoo Groups

Yahoo Groups adalah layanan dari Yahoo di mana pengguna dapat membuat suatu forum diskusi online berdasarkan topik yang diinginkan. Serupa dengan fitur WhatsApp Group.

Yahoo Groups sempat diluncurkan pada tahun 1998, dan diluncurkan ulang pada tanggal 30 Januari 2001. Dengan adanya layanan itu, pengguna dapat menyimpan berbagai dokumen yang sebelumnya telah diunggah oleh pengguna itu sendiri.

Bagi kalian yang memiliki data penting di layanan Yahoo tersebut, kalian bisa mengunduh berbagai data tersebut dengan klik tautan berikut ini, lalu klik logo Yahoo untuk log in.

Setelah itu, Yahoo akan mengirim tautan melalui e-mail yang disiapkan untuk mengunduh data tersebut.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.