Beranda » Regional » Server BMKG Diretas, Server Air Quality Alami Gangguan

Server BMKG Diretas, Server Air Quality Alami Gangguan

kukan dantuk prediMengutip dari CNN Indonesia, server milik BMKG baru saja diretas.

Kejadian yang terjadi pada pukul 12.15 WIB tersebut menyebabkan server kualitas udara BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) tidak mengeluarkan data. Hal itu mengakibatkan pengiriman informasi data polutan secara otomatis tidak berfungsi.

Gangguan tersebut mempengaruhi akses informasi informasi polutan PM10 di situs serta aplikasi milik BMKG. Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Siswanto menyebut masalah tersebut tengah ditangani.

“Informasi PM10 kita lagi trouble (bermasalah). Server kualitas udara kami di-hack (diretas) , masih dalam penanganan,” ujarnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Peretasan server BMKG tersebut, ujar Siswanto, menyebababkan gangguan sistem pengiriman secara otomatis ke server BMKG. Kini, lembaga yang diandalkan untuk prediksi klimatologi geofisika tersebut harus memperbaharui data secara manual.

Pengunggahan secara manual ditengah perbaikan server milik BMKG tersebut dilakukan dari UPT BMKG Daerah, dan juga, akibatnya BMKG juga harus melakukan instalasi ulang pada server tersebut.

gedung bmkg
Gedung BMKG Gedung A Jakarta

“Masih dalam penanganan komunikasi dari alat ke server pusat […] Tindakan saat ini server masih proses instalasi ulang,” lanjutnya. Walau begitu, lembaga tersebut tidak memberikan komentar apapun saat ditanyai oleh CNN Indonesia mengenai kapan peretasan server tersebut terjadi.

Pengunjung yang ingin mengakses informasi pada situs tersebut akan disuguhkan dengan kalimat berikut: “Informasi Konsentrasi Partikulat (PM10) saat ini dalam proses pemutakhiran sistem”

Server BMKG yang diretas tersebut memberikan informasi kandungan Partikulat (PM10) pada udara di daerah menggunakan alat BMKG yang ada di daerah. PM10 adalah Partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron (mikrometer).

Apabila konsentrasi kandungan PM10 berada pada rentang 0-150 mikrogram/(per) meter kubik tergolong kualitas baik. Konsentrat antara 51-150 mikrogram tergolong sedang, 151-350 mikrogram tidak sehat, sementara 351-420 mikrogram per meter kubik termasuk berbahaya.

Loading...