Beranda » Film & Drama Jepang » Seberapa Berperankah Power Ranger dalam Memperkenalkan Super Sentai ke Luar Jepang?

Seberapa Berperankah Power Ranger dalam Memperkenalkan Super Sentai ke Luar Jepang?

PERAN POWER RANGER PADA SENTAI – Super Sentai dan Power Ranger adalah satu hal yang tidak bisa dipisahkan sebagai genre Superhero yang bertemakan Team-Up.

Di jepang, Super Sentai begitu dikenal dan sangat digandrungi sekali oleh para fans secara turun-temurun mulai dari seri pertama (Himitsu Sentai Gorenger) hingga seri paling baru (Kishiryu Sentai Ryusoulger).

Di Amerika pun juga sama, Power Ranger juga banyak dikenal oleh fans lama dan baru hanya saja ada beberapa sedikit perubahan dari versi original nya tetapi hal itu tidak berpengaruh pada keseluruhan inti cerita nya. Sebelum kita membahas bagaimana Power Ranger bisa memperkenalkan Super Sentai ke Luar jepang, ada kalanya kita membahas Sejarah Super Sentai dan Power Ranger secara umum.

Apa itu Super Sentai & Power Ranger

logo

Super Sentai adalah produk superhero yang dibuat oleh Toei Production yang bertemakan tim yang tujuannya untuk memberantas kejahatan. Super Sentai pertama kali tayang di TV Asashi pada 5 April 1975 dengan merilis Super Sentai pertama yang berjudul Himitsu Sentai Goranger.

Super Sentai awalnya terdiri dari lima atau tiga orang dengan formasi empat pria/dua pria dan satu wanita yang dihitung sebagai Main Team tetapi seiring berjalan nya waktu setiap series pasti menambahkan beberapa anggota yang bisa dihitung sebagai extra team yang dimulai dari Big One (J.A.K.Q. Dengekitai).

Tiap team memiliki warna kostum yang bervariasi dan biasanya mencerminkan dari penggunanya (merah adalah pemimpin atau Pink adalah wanita).

Power Ranger adalah produk hiburan yang bertemakan superhero yang terinspirasi dari Super Sentai, dibuat oleh Saban Entertainment yang dinaungi oleh Haim Saban. Power Ranger pertama kali tayang pada 28 Agustus 1993 di Fox Kids dengan judul Mighty Morphin Power Rangers. Uniknya, Mighty Morphin Power Rangers memiliki tiga Musim dengan cerita yang saling berhubungan.

Toei Production atau Saban Production tentu memiliki keunikan dalam memperkenalkan Super Sentai. Ambillah contoh Power Ranger Dino Thunder dalam episode Lost & Found in Translation.

Ada salah satu scene menujukan opening dari Bakuryuu Sentai Abaranger dan potongan salah satu scene dari Abaranger itu sendiri yang secara tidak langsung memperkenalkan Super Sentai itu sendiri kepada fans diluar jepang.

Sebaliknya, saat Power Ranger Beast Morphers tayang perdana, banyak fans jepang yang menyukainya dengan membuat fanart yang sangat unik.

Cukup dibilang, peran Power Ranger dalam memperkenalkan Super Sentai di seluruh dunia, serta Super Sentai yang memperkenalkan Power Ranger pada masyarakat Jepang cukup imbang. Kira-kira apakah ini akan terjadi juga di dunia sentai di Indonesia?

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...