Beranda » Regional » Pelaku Perekam Video Kucing Dicekoki Ciu Hanya Diberi Pembinaan

Pelaku Perekam Video Kucing Dicekoki Ciu Hanya Diberi Pembinaan

Kelanjutan dari viral-nya video kucing dicekoki minuman keras jenis ciu membuat netizen dan komunitas pecinta hewan marah hingga ingin menyeret pelaku ke polisi. Namun sayangnya, pelaku perekam tidak dijatuhi pidana.

Dikutip dari Detik, Pelaku perekam video yang bernama lengkap Ahmad Azam tidak dijatuhi hukuman pidana dan hanya diberi pembinaan saja karena tidak menemukan unsur pidana.

“Sudah kami gelarkan. Terkait UU ITE dan berita bohong, unsurnya kan terkait dengan transaksi yang merugikan konsumen. Memang ada berita bohong yang disebarkan namun bukan pada ranah transaksi elektronik yang merugikan konsumen,” ujar Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Hendi Septiadi.

Kemudian Hendi menunjukkan barang bukti seperti kelapa muda, bangkai kucing, dan gelas yang diduga digunakan untuk memberi minum air kelapa pada kucing tersebut.

“Ini barang bukti yang kami dapatkan dari lokasi. Jadi begitu ada informasi viral itu kami langsung turun tangan, untuk mengumpulkan barang bukti dan keterangan. Ternyata yang diminumkan adalah air kelapa muda,” Tambah Hendi.

Viralnya Video Instastory kucing Dicekoki Minuman Keras Jenis Ciu

Instastory video kucing dicekoki minuman keras

Kasus ini berawal dari video instastory yang diunggah oleh akun Instagram @Azzam_Cancel, di mana pada video tersebut menunjukkan seekor kucing terbaring lemas serta terdapat caption “Percobaan ciu terhadap kucing anggora”.

Dan di akhir video instastory-nya, menampilkan kucing tersebut sudah terbujur kaku serta dengan menambahkan caption “Terimakasih karenamu aku dapat membuat status ini. Semoga kau tidak pernah tenang di alam sana.. dendam lah kepadaku,”.

Sontak video instastory tersebut memancing amarah netizen, khususnya para Komunitas Pecinta Hewan. Bahkan Komunitas bernama Cat Lovers In the World (CLOW) berencana melaporkan pelaku perekaman ke polisi.

Pelaku Perekaman Video Memberikan Klarifikasi

Klarifikasi Azzam di Youtube

Melihat semakin banyak netizen yang marah membuat Azam mengunggah video klarifikasinya di channel YouTube Azzam Cancel.

Di video tersebut, Azam mengaku bahwa sebenarnya dia dan kedua temannya ingin membantu hewan tersebut yang sebelumnya telah memakan tikus yang sudah diracun.

Mereka berinisiatif memberikan kucing tersebut dengan air kelapa untuk mengeluarkan racun tersebut, dan Azam hanya bertugas merekam saja.

Lalu kenapa penjelasan pada klarifikasi bertolak belakang dengan apa yang tertulis di caption instastory tersebut?

Selain karena faktor “Iseng” untuk mendapat komentar. Azam juga mengaku bahwa dia menambahkan caption yang tidak-tidak di instastory-nya untuk “menguji” budaya literasi dan “sadar hoax” netizen dengan tujuan apakah netizen langsung menelan mentah-mentah berita tersebut atau melakukan tabbayyun terlebih dahulu.

Bahkan pelaku bersedia untuk bertemu secara empat mata bersama pemilik kucing untuk membuktikan klarifikasinya.

Klarifikasi Pelaku Perekam Bertolakbelakang Dengan Keterangan Kepolisian

[cek fakta] klarifikasi pelaku video kucing dicekoki miras

Walau pelaku perekaman sudah memberikan klarifikasi, tentu netizen tidak serta merta percaya begitu saja, karena beralasan “insting berburu yang dimiliki kucing anggora berbeda dengan kucing pada umumnya”.

Terlebih dalam keterangan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui akun Twitter resminya, berdasarkan keterangan 2 (dua) rekan pelaku menyatakan bahwa mereka memang memberi kucing tersebut miras jenis ciu.

Tapi ketika polisi ingin menanyakan keterangan pada pelaku perekam, pelaku sudah terlanjur pulang ke kampung halamannya di Tulungagung.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...