Mengerikan! Ini Bahaya Laten Menjadi Budak Finansial

Seorang Pemuda Melihat Dompetnya yang Kosong
Man looking into empty wallet (Depositphotos/atholpady)

Dewasa ini kita semakin dimanjakan dengan sistem pembayaran yang membuat kita menjadi lebih mudah membeli sesuatu tanpa perlu menabung terlebih dahulu seperti PayLater. Namun tanpa disadari terdapat bahaya laten dibalik kemudahan tersebut. Yaitu “Budak Finansial“.

Berdasarkan definisi dari akun Facebook bernama Rizky Ryanda, “Budak Finansial” adalah kondisi dimana pengeluaran keuangan lebih besar daripada pemasukan.

Apa yang menyebabkan seseorang menjadi “Budak Finansial”? Diketahui terdapat beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Mudahnya akses berlangganan dan harga yang terjangkau

    Ilustrasi Berlangganan

    Dengan harga yang kelihatan terjangkau dan mudahnya akses seseorang untuk berlangganan pada suatu layanan dengan dalih mendapatkan fitur khusus membuat orang gampang terlena.

  2. Merebaknya jasa PayLater 

    Fitur Paylater

    PayLater adalah fitur dimana seseorang dapat meminjam uang ke suatu layanan yang menyediakan fitur tersebut untuk membeli sesuatu dan kemudian membayar pinjaman uang tersebut di lain hari. Karena cara mengajukan pinjamannya yang tidak rumit sehingga orang-orang tidak menyadari resiko dibalik fitur ini yang lebih tidak bisa diduga. Salah satunya adalah bunga denda yang tinggi.

  3. Pendidikan anak

    Ilustrasi Pendidikan

    Sebenarnya tidak ada salahnya untuk memiliki anak karena harus ada yang “meneruskan keturunan” atau menghindari ‘ghibah’ tetangga, tapi tetap pikirkan bagaimana masa depan untuk anak, seperti pendidikannya. Karena semakin hari, biaya pendidikan yang harus ditanggung semakin mahal. Jangan sampai masa depannya tergadaikan hanya karena terhalang biaya pendidikan yang semakin ‘mencekik’.

Mencegah Diri Menjadi Budak Finansial

Lalu, adakah cara untuk menghindar atau tidak menjadi “Budak Finansial”? Caranya sederhana, yaitu bersabar dan menabung. Memang akan memakan waktu, tapi ingatlah peribahasa ini:

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Namun apabila berada dalam kondisi yang benar-benar darurat (seperti membayar biaya rumah sakit atau pendidikan anak), tetap diperbolehkan untuk menggunakan PayLater karena itulah tujuan sebenarnya dari fitur tersebut, selama bisa melunasinya di lain hari.

Berlangganan suatu layanan juga tetap diperbolehkan, hanya saja pikirkan matang-matang seperti “Apakah Anda akan sering menggunakan layanan tersebut atau tidak?”, apabila diperkirakan jarang menggunakan layanan tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk berlangganan.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.