Beranda » Pop Kultur » Film Tenki no Ko dan Penguin Highway Menjadi Nomine Asia Pacific Screen Awards

Film Tenki no Ko dan Penguin Highway Menjadi Nomine Asia Pacific Screen Awards

Pada Kamis kemarin (17/9), pihak penyelenggara ajang penghargaan film Asia Pacific Screen Awards (ASPA) baru saja mengumumkan sejumlah judul yang dinominasikan dalam kategori Best Animated Feature Film atau film animasi terbaik.

Dua film animasi dari Jepang, yaitu Tenki no Ko atau Weathering with You garapan Makoto Shinkai dan film Penguin Highway yang disutradarai oleh Hiroyasu Ishida.

Selain kedua film di atas, film-film yang juga menjadi nomine dalam kategori ini adalah film Mosley garapan sutradara Kirby Atkins, Underdog karya sutradara Oh Sung-yoon, dan The Unseen karya sutradara Behzad Nalbandi.

Tenki no Ko dan Penguin Highway merupakan dua film anime dari Jepang yang dinominasikan dalam Asia Pacific Screen Awards.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya film anime dari Jepang dinominasikan dalam ajang penghargaan film bergengsi yang satu ini. Film anime yang terakhir kali menang dalam ASPA adalah Miss Hokusai karya sutradara Keiichi Hara pada tahun 2015.

Selain itu, film lainnya yang meraih penghargaan dalam kategori Best Animated Feature Film dalam ASPA sebelumnya adalah A Letter to Momo pada tahun 2012 dan The Tale of Princess Kaguya pada tahun 2014.

Pengumuman para pemenang penghargaan ASPA nantinya akan diumumkan pada tanggal 21 November di kota Brisbane, Australia. Selain itu, Tenki no Ko dan Penguin Highway akan tayang secara gratis di kota Brisbane pada tanggal 16 dan 17 November 2019.

Makoto Shinkai memang terkenal sebagai sutradara yang piawai menampilkan cerita yang menarik dan memainkan emosi para penonton film-filmnya. Dilengkapi dengan visual yang detail dan indah, tidak mengherankan kalau film-filmnya juga mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Tenki no Ko merupakan karya keempat Shinkai yang dinominasikan dalam kategori ini. Sebelumnya, film-filmnya yang lain seperti 5 Centimeters per SecondChildren Who Chase Lost Voices from Deep Below, dan Kimi no Na wa juga pernah dinominasikan dalam ASPA.

Bahkan, 5 Centimeters Per Second juga memenangkan penghargaan dalam kategori Best Animated Feature Film pada gelaran ASPA di tahun 2007 lalu.

Sementara itu, Hiroyasu Ishida juga merupakan sutradara dan pernah juga menjadi staf yang menggarap film-film anime dengan cerita segar, menarik, dan punya tema mendalam. Sebut saja Typhoon Noruda, Hinata no Aoshigure, dan sebuah video spesial bernama Paulette’s Chair.

Penguin Highway merupakan karya pertamanya yang dinominasikan dalam beberapa ajang penghargaan film animasi, baik di Jepang maupun di luar Jepang. Film tersebut juga sempat dinominasikan dalam penghargaan Japan Academy Film Prize for Animation of The Year tahun ini.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...