Ayo Cek Foto Anda Mirip Siapa Dengan Aplikasi Gradient!

Aplikasi edit foto Gradient
Aplikasi Gradient (Facebook/Krishna Sadana)

Belakangan ini, netizen sedang diramaikan dengan aplikasi edit foto Gradient yang dapat mencocokkan kemiripan foto seseorang dengan seorang selebriti.

Nawala Karsa mencoba menyelidiki aplikasi apakah yang sedang ‘naik daun’ tersebut. Diketahui aplikasi tersebut bernama Gradient. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi edit foto yang saat ini sudah tersedia baik itu untuk Android di Google Play Store dan iOS di Apple Store.

Aplikasi tersebut terbilang berbeda dengan aplikasi edit foto pada umumnya, karena memiliki fitur mencocokan foto yang Anda unggah dengan seorang selebriti atau tokoh terkenal lainnya.

Anda cukup mengunggah foto yang ingin Anda cocokkan di fitur bernama “You Look Like“, kemudian aplikasi tersebut akan memproses foto Anda untuk dicocokkan dengan seorang selebriti atau tokoh terkenal lainnya.

Setelah proses selesai, pada hasil pencocokkan, Gradient akan menampilkan 4 (empat) foto yang berbeda, dimana pada foto pertama adalah foto asli yang Anda unggah, foto kedua dan ketiga adalah proses pencocokkan, dan foto keempat adalah hasil foto seorang selebriti atau tokoh terkenal yang telah dicocokkan.

Aplikasi ini mulai ‘naik daun’ setelah keluarga Kardashian mengunggah hasil pencocokkan foto dari aplikasi tersebut di akun Instagram mereka, meskipun sifatnya hanya ad atau iklan.

Namun sayangnya, Gradient tidak bisa selamanya digunakan secara gratis, karena setelah melewati masa free trial, Anda akan dikenai biaya dengan pilihan yaitu 4,99 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp. 70 ribu per minggu, 19.99 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp. 200 ribu per bulan, dan 155.80 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp. 2.182.000 (Kurs 1 Dollar Amerika Serikat = Rp. 14 ribu).

Gradient: Serupa Tapi Tak Sama

Aplikasi Gradient

Aplikasi Gradient sempat dikhawatirkan akan mencuri data penting seperti foto yang diunggah oleh penggunanya seperti yang terjadi pada aplikasi edit foto bernama FaceApp yang sempat viral karena kemampuan edit fotonya, namun tak diduga secara diam-diam mengumpulkan foto yang telah diunggah penggunanya.

Namun jangan khawatir, mengutip dari Gizmodo, mereka memastikan bahwa aplikasi Gradient tidak seperti FaceApp dimana aplikasi tersebut diam-diam mengumpulkan foto penggunanya.

Hal ini bisa dibuktikan dengan membaca privacy policy aplikasi tersebut di poin pertamanya yang menjelaskan bahwa aplikasi Gradient tidak akan menyimpan dan menjual data penggunanya seperti foto yang telah diunggah ke aplikasi tersebut.

Dan sebelumnya, karena aplikasi ini bersifat berbayar ketika sudah melewati masa free trial, walaupun Anda melakukan teknik “uninstall-install“, tidak akan berpengaruh karena riwayat subscription sudah tercatat di akun Google ataupun App Store Anda.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.