Tulisan Viral Atas Nama Alm. BJ Habibie Adalah HOAX

BJ Habibie Hoax

Seperti yang kalian ketahui, bapak presiden Indonesia ke-3 yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie telah tutup usia pada tanggal 11 September 2019 di usia ke-83. Beliau meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada pukul 18.03 WIB. Semua sejarah, pencapaian dan perjuangan beliau untuk Indonesia akan selalu di kenang oleh seluruh warga Indonesia.

Beberapa hari setelah bapak BJ Habibie meninggal dunia, banyak warga Indonesia menunjukkan rasa simpati dan turut berduka cita atas kehilangan beliau. Mulai dari pengibaran bendera setengah tiang dan ucapan belasungkawa di sosmed seperti Facebook, Twitter dan Whatsapp. Tapi, ada pula orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen duka ini untuk menyebar HOAX.

Tulisan Viral Atas Nama BJ Habibie

(Source: Facebook)

Dalam beberapa hari ini sedang viral sebuah tulisan yang mengatasnamakan BJ Habibie. Berikut adalah tulisannya:

”Saya diberi kenikmatan oleh Allah ilmu dan teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih bermanfaat untuk umat Islam, kalau saya disuruh milih antara keduanya maka saya akan memilih ilmu agama”

Tulisan ini terkesan bahwa Alm. BJ Habibie lebih memilih ilmu agama dibandingkan ilmu hidup di dunia.

Tulisan Atas Nama Alm. BJ Habibie Adalah HOAX

(Source: Facebook)

Tulisan tersebut sangat mencurigakan karena seakan beliau merasa menyesal menuntut ilmu untuk hidup di dunia. Apalagi sesosok Alm. BJ Habibie yang dikenal orang jenius di Indonesia, tidak mungkin dia menyatakan hal seperti itu.

Saya pun mencoba menelusuri kebenaran tulisan yang sedang viral ini. Ternyata tulisan atas nama BJ Habibie yang sudah di share banyak oleh netizen Indonesia melalui sosmed adalah HOAX.

Fakta Sebenarnya Tulisan HOAX Alm. BJ Habibie

Hal ini telah di klarifikasi dari page Facebook Mafindo Kendari, menyebutkan bahwa tulisan tersebut adalah HOAX. Tulisan tersebut seakan-akan merupakan pidato yang langsung ucapkan dari Alm. BJ Habibie. Faktanya, tulisan tersebut diambil dari tulisan karya salah satu user Facebook bernama Henmaidi Alfian berjudul “Kalaulah Sempat”. Berikut adalah tulisannya:

Kalaulah Sempat…

Seorang laki-laki tua duduk di teras rumahnya. Rumah yang besar namun sepi penghuni. Istri sudah lama meninggal. Tangan menggigil karena lemah, penyakit mnggerogoti sejak lama. Duduk tak enak, berjalan tak nyaman. Untunglah seorang kerabat jauh mau tinggal bersama menemani beserta satu orang pembantu.

Tiga anak, semua sukses. Berpendidikan sampai ke luar negeri. Ada yang sekarang berkarir di luar negeri. Ada yang bekerja di perusahaan asing dengan posisi tinggi, ada pula yang jadi pengusaha. Soal Ekonomi, angkat dua jempol. Semua kaya raya.

………

Tulisan milik Henmaidi Alfian yang sudah dibuatnya sejak awal 2016 ini telah dipelintir oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Memanfaatkan suasana duka seakan-akan untuk mengenang Alm. BJ Habibie.

Hoax Tahun 2016

Saya mendapatkan informasi bahwa sebelumnya di tahun yang sama tulisan milik Henmaidi Alfian sudah dipelintir di salah satu situs Portal-Islam. Di artikel milik Portal-Islam terdapat tulisan yang sama dengan tulisan yang sedang viral saat ini.

Selain itu, foto yang mereka gunakan disana berdasarkan thumbnail screenshot video dari ceramah umum Alm. BJ Habibie saat berada di Kairo, Mesir. Banyak tulisan milik Portal Islam berbeda dengan apa yang diucapkan oleh beliau. Mungkinkah sumber tulisan HOAX tersebut berasal dari situs Portal-Islam? Hmmm, mencurigakan.

Kepada para netizen Indonesia, kalian harus lebih berhati-hati apa dalam mengirim sesuatu di sosmed. Apalagi jika postingan tersebut berbau Hoax seperti tulisan viral belakangan ini. Kalian boleh menunjukkan rasa belasungkawa atas meninggalnya Alm. BJ Habibie. Tapi perhatikan dengan tulisan yang akan kalian kirim apabila tulisan tersebut hasil salinan atau copy-paste yang ada di sosmed.