Pecah Telor! Laga Timnas Bawa TVRI Raih Rating Program Teratas

Tayangan Sepakbola Timas Indonesia vs Malaysia mampu mendongkrak rating

Rating TVRI kembali meraih catatan luar biasa di tahun 2019. Berkat tayangan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia melawan Malaysia, Kamis (5/9), stasiun televisi plat merah itu mampu meraih rating acara tertinggi.

Acara pertandingan sepak bola tersebut mampu membuat 21,8% responden Nielsen di jam tersebut mengarahkan televisinya ke TVRI. Dengan TVR 5,8, acara yang tayang atas izin sublisensi dari Mola TV ini memberikan TVRI posisi teratas. Menurut Direktur Program TVRI Apni Jaya Putra, raihan ini merupakan yang pertama dalam 30 tahun terakhir.

Tidak hanya satu, tapi stasiun televisi yang kini dikepalai Helmy Yahya itu mampu menempatkan 3 acara sekaligus di 10 besar rating Nielsen. Acara jelang laga bertajuk Polytron Pre Game Show berada tepat di bawah menu utama malam itu dengan TVR 4,7 dan audience share 16,9%.

Di tepi bawah top 10, ada acara selipan saat turun minum bertajuk Kratingdaeng Half Time Show. Tayang dalam durasi pendek tidak lantas membuat ratingnya mengerut jauh. Acara ini mampu menahan 10,1% penonton yang sempat ingin berpindah ke stasiun TV lainnya.

Ketiga acara ini tak pelak mengantarkan TVRI ke raihan penonton tertinggi menurut Nielsen dalam beberapa tahun terakhir. Raihan penonton rata-rata harian televisi tersebut di hari itu melewati angka 6%, membuatnya bertengger di posisi 8-9. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya saat penayangan final Japan Open Super 750 dimana raihan rata-ratanya berada di angka 3,5%.

Pertandingan tersebut sayangnya tidak dapat dinikmati oleh sejumlah masyarakat yang mengakses siaran TVRI melalui satelit. Hal ini dikarenakan kebijakan dari pemegang lisensi yang hanya memberi hak siar secara terestrial kepada stasiun televisi tertua di Indonesia itu. Sementara siaran pertandingan melalui satelit hanya diberikan melalui saluran berbayar Mola Sports 2 di Matrix TV.

Tetap Semangat, Timnas Indonesia!

Dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia berada di grup G. Selain Malaysia, pasukan Garuda ini juga akan menghadapi kesebelasan Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Di laga pembuka kualifikasi tersebut, Irfan Bachdim dan kolega menjamu tim Malaysia di Stadion Umum Gelora Bung Karno, Kamis (5/9). Pertandingan tersebut berakhir dengan kekalahan 2-3 atas Malaysia. Dua gol yang dicetak Beto Goncalves pada menit ke-12 dan 39 mampu dibalas Muhamadou Sumareh (37′, 90+8′) dan Syafiq Ahmad (66′).

Hasil ini membawa Timnas Indonesia ke posisi juru kunci klasemen sementara Grup G. Selanjutnya kesebelasan asuhan Simon McMenemy itu akan menjamu tim Thailand di tempat yang sama, Selasa (10/9) mendatang.

Sekian laporan rating TVRI dari kami.