The Moon Studio, Studio VTuber Kaguya Luna Tutup

Studio Kaguya Luna Ditutup The Moon Studio yang menaungi Kaguya Luna Tutup Akhir September ini.

Kabar tidak mengenakkan datang dari dunia Virtual Youtuber (VTuber). The Moon Studio, kolektif yang menaungi Vtuber ternama Kaguya Luna, tutup akhir bulan ini.

Melalui akun Twitter resminya, studio ini mengumumkan akan menutup situs dan toko resminya pada tanggal 30 September ini. Hal ini juga berlaku untuk halaman situs proyek mereka, KOTODAMA TRIBE.

Adapun pemesanan merchandise dari studio ini masih akan dilayani hingga 30 September pukul 23.59 waktu Jepang.

Setelah ditutupnya studio, masing-masing pihak di sana akan melanjutkan karirnya secara terpisah.

“Walaupun kami telah berulang kali mempelajari untuk mewujudkan proyek yang awalnya kami rancang, kami harus berhenti baik-baik untuk berkonsentrasi pada apa yang harus kami lakukan sekarang,” tulis seorang staf di akun tersebut.

https://twitter.com/moonstudio_jp/status/1175009247920152577?s=19

THE MOON STUDIO mengumumkan bahwa akan menutup studionya pada akhir September 2019.

Pengembangan dari proyek cerita  “KOTODAMA TRIBE” pun akan ditutup menyusul penutupan THE MOON STUDIO.

Walaupun Kami telah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi proyek kami menjadi kenyataan, ada baiknya Kami hentikan sekarang ini untuk berfokus pada kedepannya. Ini pun mempertimbangkan situasi terkini bagi proyek-proyek lainnya dan staf yang terlibat untuk menentukan arah proyeknya masing-masing.

Kami sangat meminta maaf jika layanan kami tidak dapat memenuhi keinginan para pengguna sekalian, harap maklum.

Berikut jadwal penutupan situs kami terkait THE MOON STUDIO dan KOTODAMA TRIBE dan beberapa proyek dan toko yang sudah direncanakan:

    • THE MOON STUDIO website: Tutup 30 September
    • KOTODAMA TRIBE ver0.5 website: Tutup 30 September
    • BOOTH: Penutupan toko dan layanan pemesanan merchandise pada 30 September, 23:59

Terima kasih atas kerjasamanya.

THE MOON STUDIO Team

The Moon Studio Tutup, Gimana Nasib Kaguya Luna?

Kaguya Luna, salah satu talent The Moon Studio

The Moon Studio didirikan pada November 2018 sebagai studio yang dirancang khusus untuk VTuber. Kolaborasi antara VTuber Kaguya Luna dan ilustratornya, Mika Pikazo menandai berdirinya studio ini.

Studio milik Kaguya Luna yang ditutup itu menaungi sejumlah tokoh VTuber seperti Kaguya Luna dan Pinky Pop Hepburn. Selain kedua VTuber itu, studio ini juga mencari talenta-talenta baru yang akan menjadi VTuber di sana.

Ditutupnya studio ini tidak terlepas dari kondisi saat ini dimana arah proyek dari masing-masing anggota belakangan ini cenderung stagnan. Sementara Kaguya Luna masih cukup menikmati kesuksesan, nasib PPH tidak seberuntung rekannya itu.

Tahun lalu, Kaguya Luna sempat “bertamu” di Creators Super Fest 2018 Jakarta selama dua hari menyambut para penggemarnya.

Ia pun masih cukup aktif di akun YouTube pribadinya menjelang ditutupnya studio itu. Selepas studio milik Kaguya Luna ditutup, ia tetap akan muncul di sana. Kontraknya bersama SACRA Music pun masih berjalan hingga saat ini.

Kolektif ini sebenarnya sedang menyiapkan sebuah proyek bernama KOTODAMA TRIBE. Proyek yang dirilis bertepatan dengan dibukanya studio ini pun telah melakukan eksibisi yang dihelat pada pertengahan Desember lalu.

Proyek KOTODAMA TRIBE saat ini masih dalam versi 0.5, menandakan kolektif ini belum hadir secara utuh. Sayangnya dengan ditutupnya studio itu, proyek yang melibatkan tujuh VTuber baru ini pun belum dapat dipastikan kapan hadir penuh.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.