Bangor Bisa Jadi Komikus? Yuk Tanya Kreator Rika si Preman Sekolah!

Webcomic yang mengisahkan kehidupan cewek badung di Margahayu, Bandung yaitu Rika si Preman Sekolah kini memasuki musim ketiganya di Ciayo Comics. Kali ini, Rika menjadi topik dalam talkshow yang diadakan di hari ke-2 dari Comic Frontier 13 pada Sabtu (8/9) lalu. Authornya, FairyDemon (atawa Mang Nono) akan membahas bagaimana Rika dari SMA X Margahayu ini eksis dikarenakan masa lalu yang dialami Mang Nono yang dikatakan… bangor pisan (=nakal banget).

Jadi Nakal Karena Pengaruh Teman

Rika si Preman Sekolah (Foto: Seno Triadi)

Mang Nono adalah warga asli Margahayu, sebuah kecamatan daerah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Melalui talkshow yang digawangi Chen Mei dan Luthfi Suryanda Atmojo saat itu, Baginya Rika terinspirasi dari pengalaman dirinya sejak SMA. Saat itu, dirinya telah melalui pengalaman remajanya bersama teman yang bandel hingga kenakalan remaja jadi menular ke dirinya. Tapi kenakalan yang dia jadikan pedoman masa muda saat itu masih dalam batas wajar. Di saat yang sama, dirinya mengikuti suatu grup roleplay di media sosial yang berlatar kehidupan sekolah sehingga Rika pada dasarnya adalah kenangan dirinya ketika main dan nongkrong bareng.

Tokoh-tokoh yang mengitari Rika bahkan bukan karakter yang orisinal atau dipikirkan Mang Nono pada tingkat tertentu. Melainkan karakter comotan grup roleplay yang sudah diizinkan. Sebagai contoh, Tayzu yang dikenal bageur (=baik) dan pintar sebenarnya adalah karakter campuran antara Mang Nono dan teman roleplaynya. Sedangkan Airi adalah karakter yang terinspirasi dari adik kelasnya.

7 Langkah Mudah Buat Komik

7 Langkah Buat Komik Dengan Mudah (Foto: Seno Triadi)

Di samping mengenalkan Rika cs dan kehidupannya, Mang Nono sempat membuat kuliah mengenai cara membuat komik dalam 7 langkah. Dimulai dari sketsa, line art sampai pewarnaan dan teks diterangkan satu-persatu olehnya dengan sederhana dan bikin jenaka dan baper karena curahan hati.

Walaupun komik Rika si Preman Sekolah penuh dengan bahasa Sunda Kasar, hal tersebut membuat Chen Mei tertarik untuk belajar walaupun hanya satu kalimat saja. Tak hanya itu juga, Rika juga menyisipkan beberapa cameo di komiknya seperti Editor dari Rika menjadi supir angkot.

“Iraha di-fisik-keun?”

Saat sesi tanya jawab berlangsung, penulis mendapat giliran pertama untuk bertanya. Dan pertanyaannya cukup sederhana: “Adakah kesempatan untuk nge-fisik-in Rika?” yang diartikan kapan Rika meriliskan komik fisiknya.

Mang Nono menjawab dengan curahan hatinya bahwa memang ada kesempatan untuk merilis komik Rika si Preman Sekolah secara fisik. Namun, untuk saat ini Mang Nono kekurangan orang untuk bisa layouting untuk menyulap webcomic menjadi komik fisik. Dari jawaban ini penulis berharap agar Mang Nono bisa menemukan pesulap layout agar Rika bisa debut di toko buku kedepannya.

Rika si Preman Sekolah adalah webcomic dari FairyDemon dari Studio 12pulang untuk Ciayo Comics. Semenjak rilis pertama sejak 2017 lalu, webcomic ini menceritakan kehidupan Rika sebagai siswa SMA pada umumnya. Punya gebetan, tidak bisa mengikuti pelajaran matematika, ikut tawuran, dan merokok sepanjang jalan dengan mengenakan rok abu-abunya ke sekolah. Bersama teman-teman, keluarga, dan musuh-musuhnya, Rika si Preman Sekolah siap menghancurkan masa terindahmu! (dilansir melalui Ciayo Comics)