NET TV Bertanya, Kami Menjawab: Apakah Anime Belum Saatnya Tayang

Kembali NET TV membuat heboh netizen. Pada sebuah kiriman di laman grup Facebook NET TV FANS, admin media sosial NET TV menanggapi permintaan warganet mengenai penayangan anime.

Tidak berupa ketikan langsung, sang admin mengunggah tanggapannya dalam bentuk tangkapan layar dari draf kiriman di Facebook. Tangkapan layar tersebut dibagi ke dalam dua bagian.

NET TV mengatakan Program genre Anime belum waktunya tayang di Indonesia. tanggapan kami: Salah!NET TV mengatakan Program genre Anime belum waktunya tayang di Indonesia. tanggapan kami: Salah!

Postingan tersebut juga telah diunggah ulang oleh akun Facebook Dikala anda menonton Televisi. Saat tulisan ini diturunkan, postingan di akun tersebut telah mendapat 626 komentar dan 1.125 tanggapan.

Sayangnya, kami dari Nawala Karsa Indonesia ingin mengajukan keberatan atas kiriman tersebut. Tentu ada beberapa hal yang menjadi perhatian dan ketidaksetujuan kami.

Mungkin Admin Belum Membaca Artikel Kami

NET TV mengatakan Program genre Anime belum waktunya tayang di Indonesia. tanggapan kami: Salah!

Sayangnya, belum lama ini kami merilis daftar anime dengan rating TV tertinggi selama sepekan. Hasilnya cukup menarik, mengingat anime dengan genre yang beragam dan sebagiannya cukup populer di Indonesia. Lebih mengejutkan kami, ada satu program animasi dari luar Jepang di daftar tersebut.

Masih Ada Anime yang Tayang di Indonesia

NET TV mengatakan Program genre Anime belum waktunya tayang di Indonesia. tanggapan kami: Salah!

Kami mengecek jadwal tayang RCTI tanggal 1 September 2019. Kami mendapati Doraemon dan Captain Tsubasa ada di jadwal tersebut. Oh ya, Chibi Maruko Chan juga masih tayang di RTV, lho!

Anime itu Apa, sih?

Kemono Friends telah Mengumumkan Pengisi Suara Fennec Terbaru

Belakangan ini, istilah anime sering dikhususkan sebagai animasi dari Jepang. Walaupun secara etimologi, anime berarti animasi, apapun genre dan teknik pembuatannya. Itu saja. Jadi kalau ada yang bilang Doraemon bukan anime, silakan baca lagi paragraf ini.

Anime Kejar Tayang, Memangnya Ada?

Jawabannya: Ada! Tidak jauh-jauh, anime-anime populer seperti One Piece, Boruto hingga Sazae-san diproduksi secara stripping dengan stok episode yang cukup banyak. Apalagi untuk beberapa anime yang bergenre slice of life, stasiun televisi manapun bisa menayangkan tanpa kuatir ceritanya menggantung jika harus “bungkus”.

Saran Kami: Tidak Harus Anime, Pede Aja Dengan Yang Ada

Kami memahami tingginya biaya konten membuat stasiun televisi manapun harus berhati-hati dalam menayangkan acara. Sementara ini, NET TV bisa memaksimalkan program NET TOON yang sudah bertahan setengah tahun lebih. Kalau mau menayangkan kembali Nussa juga seru, tuh. Bisa saingan sama Upin dan Ipin.

Demikian jawaban kami atas pernyataan yang kami tampilkan di awal artikel ini. Kami tidak menyalahkan NET TV mengenai keputusannya tidak menayangkan anime. Namun kami juga ingin warganet memahami bahwa anime tidak terbatas pada selera beberapa orang saja.