Didukung Kemenkominfo, BUBU ESports Tournament Siap Ubah Esport Indonesia

Menkominfo Rudiantara Memberikan Dukungan Penuh kepada BUBU Esports Tournament 2019, diikuti oleh Deputy Director BEKRAF Menhariq Noor

Jakarta, 28 Agustus 2019 – Sebagai salah satu gelaran teknologi terbesar di Indonesia yang diadakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2011, tahun ini IDBYTE mengusung tema esports mengingat industri ini sedang menjadi fenomena global dan berkembang dengan sangat pesat di Indonesia.

Acara yang mendapat dukungan penuh dari Kemenkominfo, Kemenpora, dan BEKRAF ini diproyeksikan menjadi pintu masuk bagi brand atau perusahaan untuk serius menggarap pasar esports di Indonesia yang diprediksi pendapatannya secara global akan tumbuh sebesar 1,4 miliar USD – 2,4 miliar USD (sekitar Rp19 triliun – Rp34 triliun) pada tahun 2020.

Melalui konferensi pers yang diadakan pada tanggal 27 Agustus 2019 lalu di Gedung Kemenkominfo, Menkominfo RI, Bapak Rudiantara, mengatakan “Esports merupakan konvergensi yang pas antara dunia olahraga dan digitalisasi. Oleh sebab itu kehadirannya harus didukung sedini mungkin agar Indonesia mampu menjadi bangsa yang terkemuka dalam sektor ini, mumpung masih dalam tahap awal perkembangannya. Apalagi terbukti juga bahwa anak-anak muda kita banyak yang berprestasi dan mampu mengambil manfaat dari esports ini, terutama menjadi atlet berprestasi internasional. Untuk itu Kementerian Kominfo selalu siap mendukung industri ini dengan cara menyediakan infrastruktur dan ekosistem yang kiranya dapat menunjang perkembangannya.”

Selain konferensi esports yang menghadirkan banyak pembicara dari brand kelas dunia, IDBYTE 2019 juga akan diramaikan dengan BUBU Esports Tournament (B.E.S.T) 2019 yang mempertandingkan game PUBG Mobile dan akan berlangsung pada tanggal 13-14 September 2019 di Hall 3A, ICE BSD. Dengan dukungan dari Tencent, B.E.S.T 2019 menyediakan prize pool senilai 750 juta Rupiah!

Bubu.com dalam gelaran turnamen ini memilih bekerja sama dengan Tencent dan menghadirkan turnamen PUBG Mobile bukan tanpa alasan. Indonesia adalah negara dengan penetrasi teknologi mobile first, di mana hampir semua lapisan masyarakat memiliki akses ke smartphone untuk memainkan game mobile.

Selain itu, PUBG Mobile dipilih karena menjadi game mobile yang mampu mengangkat nama Indonesia di ajang kompetisi esports Internasional. Salah satu tim asal Indonesia, Bigetron Esports, menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di PMSC 2018 Dubai dengan masuk sepuluh besar serta menjadi top 5 dunia di gelaran PMCO 2019 Global.

BUBU Esports Tournament 2019, Kompetisi PUBG Mobile yang Mengangkat Kesetaraan Gender

Satu hal unik dan baru yang dihadirkan B.E.S.T 2019 di esports Indonesia adalah dukungan kepada kesetaraan gender, di mana akan ada dua divisi masing-masing untuk tim pria dan wanita. Untuk tim wanita, prize pool di babak grand final yang disediakan adalah 290 juta Rupiah, sama seperti tim pria, dan akan menjadi kompetisi esports PUBG Mobile wanita di Asia Tenggara dengan hadiah terbesar!

Bahkan, pembagian prize pool untuk tim pria dan wanita pun tidak berbeda! Berikut ini adalah distribusi hadiah untuk para tim pria dan wanita di babak grand final:

  • Juara : 165 juta Rupiah
  • Runner up : 20 juta Rupiah
  • Peringkat 3 : 25 juta Rupiah
  • Peringkat 4 : 10 juta Rupiah
  • Peringkat 5-8 : 5 juta Rupiah
  • Peringat 9-12 : 3 juta Rupiah
  • Peringkat 13-16 : 2 juta Rupiah

“B.E.S.T 2019 merupakan sebuah langkah awal dari BUBU.COM yang menargetkan sebuah perubahan dan perkembangan ekosistem esports Indonesia,” kata Shinta Dhanuwardoyo selaku CEO BUBU.COM.

“Perubahan ini sudah mulai terlihat dari banyaknya tim esports besar yang membuat tim wanita. Perubahan dan perkembangan ini diharapkan akan menjadikan Indonesia sebagai ekosistem esports terbesar dan terkuat di Asia Tenggara.”

Unjuk Keahlian 32 Tim PUBG Mobile Terkuat di Indonesia, Baik Pria Maupun Wanita

Babak grand final B.E.S.T 2019 akan mempertemukan 16 tim masing-masing pria dan wanita, yaitu 12 tim pro undangan ditambah 4 tim dari babak open qualifier yang berlangsung secara online. Babak open qualifier saat ini sudah melewati tiga putaran, dan tinggal menyisakan satu putaran yaitu untuk regional Jakarta dan Bandung pada tanggal 1 September 2019. Hingga saat ini, berikut adalah tim pro undangan yang akan menghadiri babak grand final B.E.S.T 2019:

Tim Pria

  • Bigetron
  • EVOS Esports
  • Victim Esports
  • WAW Esports
  • SFI 45
  • Onic Esports
  • BOOM.ID
  • Aerowolf
  • The Prime
  • Elite8
  • TBD
  • TBD

Tim Wanita

  • Belletron
  • Nara Pixels
  • Onic Ladies
  • Armored Project Ladies
  • WAW Love You
  • Rev Kamikaze
  • Louvre Angels
  • Saints Ladies
  • SFI X-Girls
  • BOOM Siren
  • Victim Babies
  • The Prime Angels

Kemeriahan BUBU ESports Tournament 2019 juga akan bertambah dengan kehadiran Celebrity Match. Nama-nama selebriti terkenal seperti Christian Bautista, Ali Adrian, Alodia Gosiengfiao, VALKYRIE 48 hingga Pinda Panda akan unjuk kebolehan di Celebrity Match.

Bisa lebih seru lagi? Bisa! Selain turnamen esports tim-tim pria dan wanita, serta adanya Celebrity Match, masih ada ajang pencarian talenta esports untuk caster, streamer, hingga cosplayer di ajang BUBU AWARDS yang akan meramaikan B.E.S.T 2019!

Informasi lebih lanjut mengenai B.E.S.T 2019, dan cara mendapatkan tiketnya secara GRATIS, dapat kamu lihat pada laman berikut: https://best-tournament.com/


Tentang Bubu.com

Pionir perusahaan digital di Indonesia, BUBU.COM didirikan pada tahun 1996. Sebelum era Google atau Facebook, BUBU memiliki awal yang sederhana sebagai perusahaan pengembangan web. Kami sekarang adalah agensi digital yang memiliki layanan lengkap yang terkemuka di Indonesia.

Di BUBU, kami menganggap serius kreativitas dan inovasi. Kami tahu bahwa baik merek maupun konsumen mencari kampanye digital yang menyenangkan, segar, dan menarik, jadi itulah yang harus kami lakukan di sini. Dalam semua pekerjaan kami, BUBU.COM menggabungkan strategi komunikasi pemasaran yang menakjubkan, wawasan berbasis data, dan inovasi terkini untuk menjawab kebutuhan pemasaran perusahaan yang bekerja bersama kami.

https://bubu.com/

Tentang IDBYTE

IDBYTE adalah acara teknologi dua tahunan terbesar di Indonesia, yang dipelopori oleh BUBU.COM pada tahun 2011. Kami mengundang para profesional digital terkemuka dan para pemimpin industri dari seluruh dunia untuk berbicara dan berbagi pengetahuan yang berharga.

Dalam edisi ke-5 ini, kami fokus pada fenomena global: esports. Moto dan semangat kami “Gaming for Change” yang memiliki makna bahwa kami berusaha untuk membawa dampak yang berarti bagi esports dan komunitas game, perusahaan, merek, dan perusahaan teknologi. Tahun ini, kami menyelenggarakan konferensi esports pertama di Indonesia, kumpulan hadiah terbesar untuk wanita di Asia Tenggara, turnamen pria PUBGM, dan pencarian bakat.

https://id-byte.com/about

Tentang IDBYTE ESPORTS 2019

IDBYTE ESPORTS 2019 hadir dengan konferensi esports pertama di Indonesia! Memperkenalkan Anda pada tema tahun ini, Gaming for Change, terobosan untuk mengubah norma permainan. Bagaimana cara menjalankan kampanye esports yang sukses? Apa peluang komersial di media game? Bagaimana Anda menghasilkan sebagian besar uang pemasaran Anda? Itulah beberapa pertanyaan kunci yang akan dijawab. Melalui acara ini, kami berharap dapat membawa industri esports menjangkau pasar yang lebih besar dan menjadi penghubung antara pengembang dan investor.

https://id-byte.com/

Tentang B.E.S.T

B.E.S.T atau BUBU ESPORTS Tournament adalah produk dari BUBU.COM, dengan tujuan mengubah permainan dengan meningkatkan kesetaraan gender melalui turnamen PUBGM pria & wanita. B.E.S.T memiliki total hadiah (untuk pria dan wanita) sebesar IDR 750.000.000. Ini juga akan menjadi hadiah terbesar bagi turnamen esports wanita di Asia Tenggara dengan nominal sebesar 290 Juta rupiah, dan ajang pencarian bakat.

https://best-tournament.com/

Tentang Talent Hunt by BUBU Awards

Talent Hunt oleh BUBU Awards akan dilakukan dengan tujuan untuk mengakui bakat dan memberi mereka wadah yang tepat untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka serta memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah besar serta mendapatkan pengakuan dari publik. Ajang pencarian bakat ini akan mencari shoutcaster, streamer, dan cosplayer.