Meriahnya Comic Frontier 13 Day 2: Jajal Gim, dan Bertemu ‘Bapak Kau’

Ada CD Music Sakura Taisen? Must, come, to, CF

Sabtu (7/9) menjadi saksi atas pembukaan acara pasar kreatif Comic Frontier (CF/Comifuro) ke 13 yang dilaksanakan dua hari, yaitu tanggal 7 dan 8 September 2019. Berlokasi di Balai Kartini, Comifuro di setiap perhelatan selalu menghadirkan berbagai kejutan dari sajian acara mereka. Apa saja itu?

Penulis mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu gim yang ditawarkan di booth PS x Tendo di hari pertama: dari Tekken 7, Smash Bros, Code Vein (Demo Version), dan yang penulis pilih adalah Astral Chain, gim berbasis Action-Adventure besutan PlatinumGames.

Diluncurkan di handled console Nintendo Switch Agustus kemarin (30/8), Gim ini menempatkan pemain sebagai anggota polisi kembar “Neuron” yang ditugaskan untuk mengatasi permasalahan di kota fiktif “The Ark”.  Dan pemain dibekali “Legion”, unit bertarung berbasis Ethereal yang terikat rantai untuk bertarung (karenanya berjudul Astral Chain).

Ringkasan singkat? Jika anda familiar dengan Bayonetta dan Nier Automata, pasti anda akan menyukai ini.

Sebagai event yang menampung wadah kreatif untuk menjual karya derivatif mereka, kurang rasanya apabila tidak mempromosikan dengan gencar agar pengunjung tertarik membelinya. Salah satunya dengan bercosplay menjadi karakter yang dipromosikan, berkeliling dengan properti booth yang unik. Dan lain sebagainya

Tidak hanya itu, selain dengan promosi gencar, desain Booth yang sangat identik menjadi satu penanda utama agar booth bisa dikenali dan dikunjungi.

Kemeriahan CF13 semakin bertambah dengan hadirnya Cosplay dari berbagai anime, manga, game, TV series, Original Character, bahkan Meme Content, salah satunya Cosplay (?) Bapak Kau.

Tidak hanya Cosplayer dan Kreator saja yang hadir di CF13, Berbagai Komunitas pun hadir dalam mengisi jagat pasar kreatif tahun ini. Salah satunya Bang Dream yang menggelar lapak derivatif mereka dan memamerkan hasil koleksi dari anggotanya

Singkat cerita, Comic Frontier 13 semakin konsisten dalam menjadi perhelatan kreator berbagai latar belakang dan daerah, serta menjadi wadah bagi insan kreatif untuk menciptakan karya derivatifnya, baik komik, zine, indie musik, bahkan meme sekalipun. Sampai jumpa di perhelatan Comifuro selanjutnya!

 


Bonus: gambaran penulis dalam menghadapi Comic Frontier tahun ini