Bagaimana Cara Membangun Circle Dan Mempertahankannya?

Afdhal menjelaskan cara membuat circle

Afdhal, selaku founder Creatrip membuka workshop di Comic Frontier (Comifuro) 13 pada awal acara. Workshop tersebut membawa materi mengenai cara untuk membangun circle dan bagaimana caranya untuk mempertahankannya agar tidak bubar.

Afdhal menjelaskan cara membuat circle

Dalam cara membangun circle, ada dua kunci wajib dan satu kunci opsional untuk membangun sebuah circle. Tanpa ini, sebuah circle akan dijamin tidak bertahan lama. Berikut saya akan menjelaskan apa yang saya tangkap saat workshop tadi mengenai tiga kunci dalam membangun circle.

1. Memiliki Hobi Yang Sama

Dalam pembuatan sebuah circle, setiap anggota yang tergabung dalam circle tersebut harus memiliki hobi yang sama. Kenapa? Ini agar satu sama lain bisa nyambung ketika sedang berdiskusi didalam circle.

2. Memiliki Teman

Apalah sebuah circle jika tanpa memiliki teman. Tentu alasan utama kenapa ingin membangun circle salah satunya adalah dengan mempunyai teman-teman baru. Dan dengan punya circle, kita jadi memiliki teman mengobrol yang juga paham apa yang kita suka. Dan ini akan mempermudah ketika kita mengajukan proyek kolaborasi entah apapun produknya.

3. (Opsional) Mempunyai Duit

Oke, Untuk yang ini sepertinya tidak terlalu perlu. Namun jika memungkinkan, lakukan saja. Dalam circle, pasti ada orang yang berduit sehingga ada kemungkinan orang tersebut bisa memberi modal kepada circle secara materil untuk membuat merchandise dan menjual merchandise tersebut.

Setelah Afdhal selesai menjelaskan tiga kunci untuk membuat circle, beliau juga menjelaskan bahwa di Indonesia banyak circle yang berdiri, tetapi tidak sedikit juga circle yang tumbang. Setelah itu, afdhal pun memberikan tiga penyebab mengapa sebuah circle tersebut bisa tumbang:

1. Tidak Menguntungkan (Rugi Bandar)

Dari sini, Afdhal berbicara dari konteks penjualan. Ambil contoh dari kasus berikut ini: Biaya yang dikeluarkan untuk membuat merchandise termasuk transportasinya jumlahnya 1,4 juta rupiah, jadi saat jualan nanti di TKP, diharapkan bisa balik modal dari hasil penjualan. Tapi ternyata tidak, inilah kenapa tidak untung ini merupakan salah satu penyebab tumbangnya sebuah circle.

2. Beda Pendapat

Mungkin kalian pertama kali ketika membaca penyebab kedua ini beranggapan bahwa beda itu wajar. Iya memang, tapi didalam dunia circle, resiko tumbangnya justru jauh lebih tinggi. Jika sampai terjadi perbedaan pendapat, maka apa yang terjadi selanjutnya didalam circle itu pasti akan terbentuk dua kubu dari hasil perbedaan pendapat tersebut . Jika ini terus terjadi, maka circle tersebut akan bubar.

3. Selingkuh

Tidak, ini bukan dari konteks pacaran. “Selingkuh” yang dimaksudkan di dalam dunia circle adalah berpaling dari circle tersebut dan beralih ke circle yang lain. Ambil contoh seperti ini: Saat ini kamu berada dalam circle A, tetapi kamu malah berpaling dan pindah ke circle B. Itu artinya kamu sudah mengkhianati circle sebelumnya. Namun, alasan khianat ini bisa masuk akal jika kamu mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan dari circle sebelumnya.

Lalu Afdhal pun memberikan saran bagaimana caranya agar sebuah circle bisa terus bertahan. Berikut saya jelaskan cara-caranya sekaligus menjelaskan maksudnya:

1. Pintar-Pintar Dalam Memilih Teman Untuk Circle

Sama seperti kita dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus pintar memilih teman untuk circle agar bisa  bertahan. Caranya bagaimana? Seleksi.

2. Hindari Bikin Circle Dengan Alasan “Nggak Ada Orang Lagi”

Ini merupakan alasan yang berbahaya. Karena hal seperti ini membuatmu akan bias konfirmasi dalam menyeleksi dan malah mendapat orang yang kurang kompeten di bidangnya. Cepat atau lambat jika berada di saat itu, circle bisa tumbang.

3. Utamakan Teman Yang Sudah Kenal Lama

Ini saran yang direkomendasikan. Karena dengan teman yang dikenal lama seseorang akan tahu siapa temannya dan kemampuan apa yang dikuasai, dan dari sana akan mudah untuk membuat circle karena kesepahaman pikiran.

4. Fokus Dengan Tugasnya Masing-Masing

Dari sini kita harus tahu tugas kita apa di circle tersebut lalu kita harus fokus dengan tugas yang diberikan. Jika kita fokus mengikuti tugasnya, dengan begitu diharapkan circle kita bisa bertahan atau bahkan berkembang besar.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.