Ini Dia 10 Anime dengan Rating TV Tertinggi Minggu Ke-4 Agustus 2019!

Minggu lalu, kami telah merilis daftar anime dengan rating TV tertinggi selama pertengahan Agustus. Alhasil kami mendapat tanggapan yang menarik dari warganet mengingat judul yang hadir di daftar tersebut tidak seperti yang dibayangkan.

Setelah Sazae-san berhasil menjadi Anime dengan Rating TV tertinggi minggu lalu, bagaimana dengan posisi rating televisi minggu ini? Apakah ia mampu mengulangi kesuksesannya?

Kali ini Nawala Karsa Indonesia akan menghadirkan daftar 10 serial anime yang paling banyak ditonton pemirsa televisi di Jepang. Data yang kami himpun dari Video Research ini hanya memuat data rating untuk pemirsa di wilayah Kanto. Adapun data yang diambil merupakan data saat tayangan tersebut mengudara pertama kali. Jadi ini tidak termasuk pemirsa yang menonton melalui streaming maupun yang merekam acara ini terlebih dahulu.

Inilah 10 Anime dengan Rating TV Tertinggi

  1. (masih) Sazae-san
    Anime legendaris ini berhasil menjaga konsistensinya di puncak klasemen anime di TV Jepang. Walaupun jumlah pemirsa yang menonton pada hari Minggu (25/8) turun ke 9%, nyatanya tidak ada anime yang mampu melangkahinya selama sepekan.
  2. Doraemon
    Doraemon, anime legendaris tapi masih panen penonton.Setelah absen pekan lalu, nyatanya kisah sang luwak mekanikal ini masih menjadi favorit di Jepang. Terbukti dengan 6,7% pemirsa yang menonton anime ini di hari Jumat (23/8) lalu, sekaligus menyalip beberapa anime di posisi runner-up pekan ini.
  3. Crayon Shinchan
    Crayon Shinchan masih jadi favorit pemirsa di JepangBersama Doraemon, anime yang diadaptasi dari komik karya Yoshito Usui ini langsung merangsek papan atas daftar anime dengan rating TV tertinggi. Sebanyak 6,2% pemirsa di Jepang menyaksikan tingkah Shinnosuke Nohara tepat setelah penayangan Doraemon.
  4. Mix
    Alur cerita yang mantap, cek. Olahraga favorit, cek. Jam tayang yang cocok untuk semua umur, cek. Hasilnya, Mix mampu naik 4 tangga dari pekan sebelumnya, dengan raihan 5,8% penonton pada hari Sabtu (24/8) sore.
  5. Chibi Maruko ChanWalaupun masih menjadi favorit, nyatanya anime ini harus turun beberapa tingkat di daftar ini. Episode teranyarnya yang tayang minggu (25/8) sore itu dinikmati 5,8% penonton TV di Jepang.
  6. One PiecePetualangan para bajak laut belum berhenti. Betul, sampai sekarang belum ada yang bisa menebak kapan anime ini berakhir, apalagi dengan banyaknya sisipan di dalamnya. Toh dengan kondisi sekarang masih ada 4,6% pemirsa Jepang yang menikmatinya di hari Minggu (25/8) pagi.
  7. Oshiri Tantei
    Detektif berkepala bokong ini punya keahlian dalam mencium berbagai kasus. Keahliannya ini nyatanya disukai 4,3% pemirsa di hari Sabtu (24/8) pagi.
  8. GeGeGe No KitaroKisah bocah bermata satu ini semakin seru dengan perjalanan adikodrati yang dilaluinya. Tentu saja, saat episode terbarunya tayang di hari Minggu (25/8) pagi tepat sebelum penayangan One Piece, anime ini dinikmati 4,2% pemirsa TV Jepang.
  9. Curious GeorgeAnime coret yang masih mampu bertahan daftar ini. Perjalanan si monyet kecil yang selalu penasaran ini menggemaskan hati 3,3% pemirsa TV Jepang pada hari Sabtu (24/8) pagi.
  10. Star * Twinkle Precure
    Menutup daftar ini, ada anime tentang sekelompok gadis dalam melindungi The Starry Sky World dari ancaman Notraiders. Anime bergenre fantasi ini mampu memikat 2,3% pemirsa pada hari Minggu (25/8) pagi.

BONUS: Film Dan Serial Yang (masih) Mencuri Perhatian

  1. Natsuzora
    Drama yang solid dengan jam tayang paling solid di NHK. Tayang di slot yang sama dengan Oshin, episode teranyarnya pada hari Sabtu (24/8) mampu meraih penonton sebanyak 21%.
  2. Giso Furin
    Drama yang diadaptasi dari manga karya Akiko Higashimura ini masih menjadi favorit pemirsa dewasa di Jepang. Tayang pada hari Rabu (21/8), serial ini mampu meraih 11,3% penonton.
  3. Nagi’s Long Vacation
    Nagi No Oitoma, drama seri adaptasi mangaMasih sebuah drama seri, kali ini diadaptasi dari komik karya Misato Konari. Serial ini menceritakan Nagi, seorang mantan pekerja, yang memilih melepas semua rutinitasnya dan menikmati liburan. Mengudara di TBS pada hari Jumat (23/8) malam, sebanyak 10,3% pemirsa memilih drama ini sebagai teman beristirahat.
  4. Ponyo on the Cliff by the Sea
    Ponyo, satu lagi anime Ghibli pendongkrak rating
    Bulan Agustus sepertinya dimanfaatkan betul oleh NTV dengan menayangkan anime karya Studio Ghibli. Mengudara pada hari Jumat (23/8) di slot yang sama dengan Spirited Away pekan sebelumnya, anime ini meraih 12,5% pemirsa.

Demikian daftar anime yang paling banyak ditonton di televisi Jepang selama sepekan. Sayangnya kali ini kita harus berpisah dengan Detective Conan dan Soreike! Anpanman yang sebelumnya berhasil meraih posisi 10 besar. Menariknya, dua anime yang masuk justru bukan anime yang asing bagi kita.

Jadi, apakah anime kesayanganmu ada di daftar di atas?