Beranda » Pop Kultur » Potret Yoyogi Kaikan, Bangunan Surreal Dalam Film Tenki no Ko

Potret Yoyogi Kaikan, Bangunan Surreal Dalam Film Tenki no Ko

Film terbaru Makoto Shinkai yang berjudul Tenki no Ko sudah dikenal banyak orang. Semenjak kesuksesan film Your Name di tahun 2016, banyak orang bahkan dari kalangan awam mulai tertarik dengan garapan film anime dari Makoto Shinkai. Termasuk dengan film Tenki no Ko itu sendiri.

Lokasi Film Tenki no Ko Di Dunia Nyata

Seperti film-film lain garapan Shinkai-sensei sebelum-sebelumnya, visual yang disuguhkan dalam Tenki no Ko sungguh memanjakan mata. Tak jarang para penontonnya berpikir apakah gambar dalam film animasi ini sesungguhnya nyata atau tidak. Semua itu hanyalah karena teknik animasi yang baik semata. Namun kebanyakan unsur dari visual atau adegan yang muncul di kebanyakan film garapan Shinkai-sensei ada di dunia nyata. Salah satunya adalah bangunan bernama Yoyogi Kaikan yang berada di Tokyo, Jepang.

Film Tenki no Ko

Dilansir dari Soranews24, Yoyogi Kaikan adalah sebuah bangunan yang berada di dekat kawasan Stasiun Yoyogi dan berdekatan pula dengan jalur kereta api Yamanote. Dibangun pada tahun 1969, bangunan yang memiliki tujuh lantai ini sempat terkenal sekitar tahun 1970-an. Ini disebabkan karena menjadi salah satu lokasi syuting drama televisi Jepang berjudul Kizu Darake no Tenshi (Heavily Injured Angel). Sayangnya, ketenaran itu tak bertahan lama. Sebelum dihancurkan pada bulan Agustus ini, Yoyogi Kaikan hanya menjadi sebatas gedung pertokoan yang berisi restoran dengan harga murah, pachinko, dan toko-toko buku.

Dari depan, Yoyogi Kaikan terkesan seperti sebuah bangunan tua yang kesepian di tengah modern-nya suasana kota Tokyo pada umumnya. Di bagian dalam pun juga begitu, beberapa bagian bangunan mulai berkarat. Tempat tangga yang telah dijadikan semacam gudang oleh pemilik gedung ini semakin menguatkan kesan retro (tua). Ini menambah kesan surreal atau seakan tidak nyata, seperti memasuki dunia lain. Di tengah kota Tokyo yang bernuansa modern dan terkesan ramai dan sibuk, masih ada tempat seperti Yoyogi Kaikan yang menawarkan suasana seperti ini.

Bangunan Gedung Di Dunia Nyata

Jika kalian tidak percaya, coba saja lihat foto berikut. Gedung Yoyogi Kaikan berdekatan dengan gedung kantor pusat perusahaan telekomunikasi DoCoMo, dibangun pada tahun 2000 dengan ketinggian 272 meter. Gedung pencakar langit milik perusahaan DoCoMo menjadi salah satu ikon di Tokyo yang memberikan kesan modern. Selain itu terlihat sangat kontras dengan Yoyogi Kaikan yang telah usang dan sepi. Begitu pun dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Dalam film Tenki no Ko, diceritakan Hina memanjat gedung ini dan setelah mencapai puncaknya, gadis itu menemukan sebuah kuil Shinto di atap gedung. Nyatanya, Yoyogi Kaikan tidak memiliki kuil Shinto di bagian atapnya. Ada rumor yang mengatakan bahwa kuil Shinto tersebut sebenarnya terinspirasi dari Kuil Asahi Inari yang berada di bagian atap sebuah gedung di kawasan Ginza.

Bangunan Lainnya yang Sempat Muncul

 Selain Yoyogi Kaikan, terdapat pula beberapa landmark khas kota Tokyo lainnya yang muncul di film Tenki no Ko. Beberapa di antaranya adalah cabang restoran cepat saji McDonald’s tempat Hina bekerja. Selain itu merupakan tempat ia bertemu dengan Hotaka untuk pertama kalinya, yaitu cabang Stasiun Seibu Shinjuku. Ada juga cabang restoran ramen Tenka Ippin yang terletak di Shinjuku Kabuki-cho.

Berbagai tempat yang muncul di Tenki no Ko lainnya juga berasal dari desain tata kota Tokyo dan jalur jalan di sekitarnya. Contohnya, jalan miring di pintu keluar sebelah utara Stasiun Tabata, tempat Hina tinggal bersama adik laki-lakinya, juga Taman Shiba tempat para tokoh utama bercengkerama dengan Keisuke, bos Hotaka, dan sebuah plaza di kawasan Odaiba.

Sayang sekali ya, bangunan ini telah dihancurkan. Namun, masih ada tempat-tempat tak kalah  menarik lainnya di kota Tokyo tempat setting film-film terbaru Makoto Shinkai yang dapat kalian kunjungi. Karena sejatinya, penggunaan warna dan visual yang disuguhkan dalam film-film Shinkai-sensei tentu memicu suatu perasaan tersendiri dalam diri penonton, yang ikut membuat penonton jadi hanyut dan ingin berada di tempat itu pula.

Kalau diberi kesempatan, apakah kalian mau mengunjungi tempat-tempat di atas?

Jangan lupa untuk segera saksikan Tenki no Ko di bioskop-bioskop terdekat, ya! Film ini telah rilis pada 21 Agustus kemarin, lho.

Leave a Comment

Loading...