Pengisi Suara Kizuna Ai ‘Diusir’, Warganet Mulai Khawatir

VA Kizuna Ai Diusir – Ampun. Berita ini santer terdengar setelah kejadian pahit yang dialami Tatsuki yang dicoret namanya oleh Kadokawa untuk sekuel dari Kemono Friends pada tahun kemarin. Namun, drama antara pelaku kreatif demikian industri berikut tidak terpusat di anime saja. Karena kali ini Warganet marah karena kebijakan yang dilakukan Activ8, perusahaan yang membawahi upd8 dan Kizuna AI, Virtual YouTuber (VTuber) yang namanya terkenal.

Dimulai dari video ini, tampak dua “Kizuna AI” yang membawa acara mengenai reaksi terhadap komentar buruk mengenai dirinya. Namun hal janggal terjadi ketika komentar sinis pada menit 02.28, 02.36, dan 02.53 yang diduga kuat merujuk kepada pemeran aslinya.

Dimulai Dari Menggandakan Avatar

Mengacu kepada rekap kronologi penggandaan VTuber Kizuna AI sebelum diusir, oleh u/Harmonyano di Reddit, Investor Activ8 membuat laporan terkait terhadap Activ8 dan produk dari upd8. Mereka mengakui bahwa lahan Virtual YouTuber memang sedemikian suburnya dan memungkinkan seluruh profit properti intelektual hampir 100% kembali ke Activ8. Ketika Kizuna AI diwawancarai BuzzFeed Japan pada Februari lalu, Ia menanggapi bahwa hal tersebut lumrah jika ada “AI” lain yang menghiburi netizen.

Lantas, sadar akan profit, Activ8 membuat langkah baru dengan menggandakan karakter ini. Mereka menamakannya “Multiple Kizuna AI”. Dan video pengumuman Kizuna AI yang ‘ganti suara’ ini mulai berlaku pada 25 Mei kemarin. Dan selanjutnya Vtuber ini mulai digandakan sehingga bertambah 4 avatar: AI #2, AI #3, Black AI; dan Kizuna AI untuk pemirsa di Tiongkok.

Cuplikan video Bilibili mengenai Multiple Kizuna AI

Namun, hal ini dikhawatirkan oleh warganet ketika hal tersebut akan menarik Kizuna AI #1 (orisinil) dari eksistensinya. Dan hal itu terjadi ketika acara ulang tahun pada 30 Juli. Video dari Blibli berikut berisikan pengumuman (sekaligus pengakuan) dari AI #1 bahwa ia menyetujui proyek Multiple Kizuna AI ini. Walau fans menyatakan bahwa hal ini adalah terpaksa.

“Aku tak ingin dikalahkan …” Cuitan dari Kasuga Nozomi (diduga Seiyuu asli AI #1) ini telah dihapus sebelum artikel.

Dan hal ini benar terjadi ketika cuitan dari Kasuga Nozomi tersiarkan di Twitter. Para fans menduga bahwa

Ai #3 diserang.

Nozomi adalah Seiyuu dari AI #1. Cuitan ini telah dihapus namun telah diabadikan hingga tersajikan di artikel ini. Walaupun bukti bahwa Nozomi dipaksa belum bisa diketahui, Opini bahwa “manajemen produksi sudah tidak beres” telah merebak dan jadi perbincangan besar. Dan ternyata benar terjadi ketika AI #3 diserang pemirsa Tiongkok ketika menyiarkan live gaming pertamanya.

Namun, banyak dari mereka tidak mengetahui pengumuman di awal streaming karena pemirsa Tiongkok tidak semuanya paham Bahasa Jepang, ataupun Inggris. Sadar akan kemarahan fans, AI #3 menyatakan bahwa Ia akan menjaga AI #1 agar bisa terus berkarya.

“Aku tak akan biarkan dia tidur, dan Aku juga tak akan pergi. Jadi Aku harap kalian menyukaiku juga.” – AI #3 di tengah live gaming.

“Petaka” Bagi Activ8, Dan Produser Tiongkok

Telah diduga kuat bahwa Yuichi Soejima, direktur eksekutif dari Active8 adalah dalang dari polemik ‘pembagian tugas’ ini. Sebuah cuplikan gambar status Facebook darinya telah tersiar dan membuat marah warganet. Namun, hal ini masih belum terbukti karena Soejima hanyalah staf eksekutif dan tidak ambil andil dalam produksi Kizuna Ai.

Pernyataan Yuichi Soejima, Direktur Eksekutif Activ8 yang diduga menuai kontroversi.

Di samping itu, Kanal Kizuna AI di Bilibili (yang berisi konten Kizuna AI untuk pemirsa Tiongkok) menjadi berkurang subscribernya ketika konten video yang seharusnya diunggah di bulan Juli tidak ada di sana, ketika angka subscriber Kizuna AI di Bilibili saat itu mencapai 1 juta, sekian fans Kizuna AI memberitahu bahwa manajemen produksi (di Jepang) sedang tidak beres, dan berakibat unsubscribe massal yang membuat panik Netease, produser Kizuna AI untuk Tiongkok.

“(Aku) Masih Bertahan Sekian Tahun Lagi, Tunggulah”

Meski polemik Pisau Ockham tersebut kini masih bergaung, Nozomi masih akan bertahan dan menunggu hingga sekian tahun lagi. Hal ini diaminkan Hiroaki Sato. Kurator film untuk disabilitas di Tokyo. Melalui cuitan twitternya. Ia mengajak warganet untuk selalu beri semangat kepada Nozomi.

https://twitter.com/nozomi__kasuga/status/1155795660051890176

Apapun yang terjadi, tetaplah rasional dan berpikir dingin sambil mendukung Nozomi dan Kizuna AI untuk kedepannya!